23 March 2022, 20:08 WIB

Akhir Maret, TMC Cegah Karhutla Mulai Dilakukan


Atalya Puspa | Humaniora

Antara
 Antara
Helikopter BNPB melakukan pemadaman kebakaran lahan dari udara di Sumatera Selatan.

OPERASI Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai dilakukan akhir maret mendatang. Hal itu diungkapkan Koordinator Lab Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca Budi Harsoyo.

"Dalam rapat koordinasi beberapa minggu lalu, Bu Menteri Siti Nurbaya sudah meminta agar TMC bisa segera dilaksanakan di akhir Maret atau awal April. Untuk mengantisipasi kemunculan bencana karhutla," kata Budi saat dihubungi, Rabu (23/3).

Adapun operasi TMC menyasar wilayah Riau dan Kalimantan Barat, yang merupakan lokasi paling rawan karhutla pada Maret dan awal April.

Baca juga: BMKG Peringatkan Potensi Hotspot Tahun Ini Lebih Tinggi

"Untuk persiapan, kami masih menunggu surat permintaan pelaksanaan TMC dari BNPB atau KLHK," imbuhnya.

Memasuki musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan potensi hotspot pada tahun ini lebih tinggi dari 2021. BMKG menekankan perlunya meningkatkan kewaspadaan potensi karhutla di beberapa wilayah Indonesia.

"Mengingat periode Mei-Agustus, kondisi cuacanya kurang hujan, bisa berdampak pada tingkat kekeringan di wilayah atau area gambut. Mulai perlu diantisipasi," tutur Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Miming Saepudin.(OL-11)

BERITA TERKAIT