21 March 2022, 21:56 WIB

Sekolah ABC Kids Perkaya Kurikulum dengan Toolkit Berbasis Bermain dari Finlandia 


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Sekolah ABC Kids
 Dok. Sekolah ABC Kids
Pembelajaran dengan toolkit berbasis bermain di Sekolah ABC Kids

BERDASARKAN data World Happiness Report 2021, Finlandia memiliki persentase kebahagiaan tertinggi di dunia pada 2020, dengan skor 7,842. Sementara itu, Indonesia memiliki skor persentase kebahagiaan 5,345, di peringkat 82 dari 104 negara. 

Finlandia dan Indonesia sangat berbeda dalam budaya, bahasa, politik, dan sistem pendidikan. Misalnya, Finlandia memiliki tingkat kesejahteraan, kebebasan, keadilan yang tinggi, dan tingkat diskriminasi yang rendah. 

Secara umum,  sistem pendidikan Finlandia tidak menekankan penilaian berdasarkan prestasi akademik siswa. Meskipun demikian, negara ini menjadi satu-satunya negara dengan minat baca paling signifikan dan peringkat kepuasan siswa terbaik. 

Fakta menarik lainnya adalah anak-anak Finlandia menjaga keseimbangan yang baik antara pendidikan, relaksasi, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kehidupan yang seimbang ini dapat dicapai karena lembaga pendidikannya telah merancang kurikulum yang memungkinkan siswa untuk mencapai potensi mereka secara maksimal sambil tetap mempertahankan kehidupan yang bahagia. 

Dalam hal pendidikan, sekolah ABC Kids menyadari bahwa pendidikan harus bergeser dari format "satu ukuran untuk semua" menjadi sistem yang lebih progresif. 

Maka dari itu, untuk menjadi sekolah yang berwawasan ke depan, mulai Februari 2022, sekolah ABC Kids memperkaya kurikulum yang ada dengan HEI School Teacher Toolkit, sumber belajar yang dikembangkan dalam kemitraan dengan University of Helsinki. 

Baca juga : Terus Kembangkan Diri, Universitas Dian Nusantara Kini Miliki Tiga Kampus

"Toolkit ini akan berfungsi sebagai perangkat pembelajaran dalam membantu guru di sekolah ABC Kids," tulis ABC Kids dalam keterangan tertulisnya. 

Melalui program itu, sekolah ABC Kids berharap anak-anak yang dididik akan menjadi individu yang dibekali dengan keterampilan sosio-emosional, akademik, sosial & transversal yang semuanya diperlukan dan menjadi dasar untuk pembelajaran lebih lanjut di kemudian hari. 

Selain itu, sekolah ABC Kids juga mendorong guru TKnya untuk menyelesaikan program tambahan lainnya, yaitu HEI School Teacher Diploma untuk memperkaya kurikulumnya lebih lanjut. Salah satu gurunya, Era Agnesia Saragih, telah menyelesaikan program tersebut pada 2021. 

Menurut Era, hal paling menarik yang ia pelajari dari menyelesaikan program ini adalah bagaimana pendidikan Finlandia mempromosikan warisan budaya melalui permainan, masakan, dan kegiatan menyenangkan lainnya. 

"Saya menyarankan untuk melakukan hal yang sama ketika memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar dan menyerap informasi secara interaktif," ujarnya. 

Saat ini, TK ABC Kids adalah sekolah pertama di Indonesia yang memperkaya kurikulumnya dengan Toolkit tersebut. Dengan kurikulum berwawasan ke depan dan dengan biaya yang wajar, perjalanan belajar anak-anak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT