21 March 2022, 13:25 WIB

Masyarakat Diimbau Perhatikan Kebersihan Makanan Beku dan Daging Olahan


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok.Kimbo
 Dok.Kimbo
Ilustrasi

PRODUK frozen food dan daging olahan semakin diminati, terutama sejak diberlakukannya PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Data dari Euromonitor Internasional di Desember 2020, pertumbuhan volume produk daging olahan 2021-2025 diprediksi mencapai 8%.

Salah satu produsen frozen food di Indonesia, Kimbo memperkuat hal tersebut dengan menyatakan kenaikan penyerapan di angka sekitar 30% di sepanjang 2021. Minat masyarakat terhadap frozen food ini disarankan untuk diimbangi dengan perhatian terhadap kehigienisan dari produk frozen food yang dikonsumsi.

Baca juga: Hindari Makanan dan Minuman ini Saat Menginjak Usia Kepala Lima

“Minat masyarakat yang meningkat, sebaiknya diiringi dengan perhatian terhadap kehigienisan produk tersebut. Di Kimbo kami telah menerapkan sistem manajemen Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) ISO 22000:2005 sejak awal. Melalui sistem ini, produk-produk Kimbo ditangani melalui analisis dan pengendalian bahaya biologis, kimia, dan fisik dari produksi bahan baku, pengadaan dan penanganan, hingga pembuatan, distribusi, dan konsumsi produk jadi. Selain itu semua produk kami sudah pasti mengantongi sertifikat halal MUI dan izin BPOM,” ujar Chief Operational Officer PT Madusari Nusaperdana, Dewi Rusli.

Selain kehigienisan, kata Dewi, di masa pandemi ini asupan nutrisi dari frozen food yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan. Sebagai produk olahan daging, pihaknya selalu memperhatikan kualitas bahan bakunya, sehingga produk ini kaya akan asupan nutrisi terutama protein. “Bahkan di beberapa produk inovasi Kimbo memperkaya produk dengan VIT-E, Omega 3 dan Omega 6 yang memperkuat imunitas tubuh konsumen.”

Selain itu, mereka terus melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen.Salah satu inovasinya adalah dengan mengeluarkan dua produk teranyar yaitu: Kimbo Probites Sosis isi 1 pcs yang merupakan sosis siap makan, yang kaya akan protein & nutrisi serta produk premium Kimbo Gold Plus yang diperkaya VIT-E, Omega 3 dan Omega 6.

Tidak berhenti pada inovasi produk, Kimbo beradaptasi dalam hal mendekatkan diri dengan para konsumen dengan hadir melalui sosial media, website, ataupun e-commerce. Meskipun saat ini berbagai tantangan masih terus dihadapi seperti panjangnya rantai distribusi yang berpengaruh terhadap perlakuan khusus produk, Kimbo berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas produk demi kebutuhan, keamanan dan kenyamanan masyarakat selama masa pandemi ini. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT