18 March 2022, 21:12 WIB

Indonesia Akan Jadi Pionir Pendidikan Global


Faustinus Nua | Humaniora

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

DUKUNGAN delegasi G20 dan negara undangan terhadap 4 program prioritas Kemendikbud-Ristek bisa mengantar Indonesia menjadi pionir pendidikan global. Momentum tersebut harus dimaksimalkan dengan menggandeng semua stakeholder terkait dalam menyukseskan keempat agenda penting.

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Cecep Darmawan mengatakan saat ini Indonesia memiliki peranan penting di sektor pendidikan global. Dukungan dari negara G20 merupakan momentum untuk menyukseskan agenda pendidikan global sekaligus agenda nasional Indonesia.

"Dengan 4 program ini mudah-mudahan kita bisa jadi pionir kepada 20 negara bahwa Indonesia mampu memiliki peran penting dalam bidang pendidikan," ujarnya kepada Media Indonesia, Jumat (18/3).

Dia menjelaskan bahwa banyak keuntungan yang bisa di dapat Indonesia. Selain menegaskan posisi Indonesia dalam dunia pendidikan global, 4 agenda tersebut bisa diwujudkan bersama negara-negara G20. Artinya akan ada share resources diantara negara-negara anggota.

"Contohnya negara ada teknologi, ada anggaran yang lebih bisa share ke Indonesia, begitu pun lainnya," imbuhnya.

Untuk itu, Cecep mengajak semua stakeholder untuk mendukung agenda yang sudah menjadi agenda bersama global tersebut. Bukan hanya pemerintah, tetapi juga penyelenggara pendidikan, perguruan tinggi, para ahli dan masyarakat umum untuk menyukseskan program tersebut.

Selain itu, juga dibutuhkan regulasi serta anggaran. Lantas, legislatif perlu mendukung dengan regulasi dan anggaran yang kuat agar momentum G20 bisa mengharumkan nama Indonesia di global dan memajukan pendidikan di Tanah Air. (OL-15)

BERITA TERKAIT