16 March 2022, 11:08 WIB

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Situasi Covid-19 di NTB Makin Terkendali


mediaindonesia.com | Humaniora

dok.ant
 dok.ant
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto.

JELANG perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, ketahanan kelompok masyarakat dari COVID-19 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah sangat baik.

Indonesia, khususnya masyarakat Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pun siap menyambut ajang adu balap motor yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022.

Hal itu diungkapkan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima mediaindonesia.com, Rabu (16/3/2022).

Kendati demikian, Suharyanto meminta agar hal itu bisa terus ditingkatkan melalui program percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

Untuk itu, percepatan vaksinasi dan pembagian masker gratis yang diinisiasi oleh BNPB bersama komponen Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dilakukan sejak Jumat (12/3) akan diteruskan hingga Jumat (18/3).

Adapun pelaksanaannya menyasar kepada warga sekitar, siswa sekolah, pelaku usaha, pelaku wisata dan pelaku adat dan budaya, khususnya yang ada di Lombok Tengah.

Vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat itu diharapkan dapat mengurangi risiko pemburukan jika terpapar COVID-19.

Selain itu, pembagian masker secara gratis bertujuan untuk mengurangi ancaman terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Dengan percepatan vaksinasi saat sebelum dan sesudahnya (ajang MotoGP), karena ini masih dalam masa pandemi, maka diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus,” ujar Suharyanto.

Ia pun berharap pada pelaksanaan MotoGP nanti protokol kesehatan dari masyarakat sebagai tuan rumah, penonton, dan atlet dapat terjaga dengan baik.

Suharyanto juga turut memberikan apresiasi atas keseriusan pemerintah daerah serta dukungan kolaborasi lintas sektor yang mampu membuat Nusa Tenggara Barat menjadi satu-satunya provinsi dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

Hal itu menjadi bukti bahwa Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok Tengah siap menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2022 dan membangun kepercayaan secara internasional terhadap Indonesia.

“Kita siap menyambut MotoGP dan hal ini menjadi bentuk kepercayaan publik secara nasional maupun internasional terhadap Indonesia,” jelas Suharyanto.

Suharyanto beserta jajaran pun telah meninjau langsung kesiapan RSUD Mandalika. RSUD Mandalika merupakan salah satu rumah sakit yang dipersiapkan untuk penanganan COVID-19, baik bagi masyarakat, atlet/pebalap maupun seluruh pihak yang terlibat dalam ajang MotoGP Mandalika 2022.
Dalam peninjauan itu, Suharyanto melihat fasilitas tempat isolasi bagi pasien COVID-19 yang tidak bergejala, tempat penanganan bagi pasien dengan kondisi gejala sedang hingga berat dengan fasilitas tempat tidur serta Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Mantan Pangdam V Brawijaya itu juga memastikan bahwa RS Mandalika telah siap mendukung ajang event skala internasional MotoGP Mandalika 2022, baik dari segi sarana, prasarana maupun sumber daya manusia.

“Sudah cukup baik. Sarana dan prasarana sudah siap,” ungkap Suharyanto.

Sebagai informasi, Nusa Tenggara Barat telah menyentuh angka lebih dari 96 persen untuk capaian vaksinasi dosis pertama dan lebih dari 80 persen untuk dosis kedua.

Pemerintah daerah dan dinas kesehatan setempat pun masih terus mengencarkan upaya pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga. (RO/OL-13)

Baca Juga: Marc Marquez Optimistis Raih Hasil Bagus di Mandalika

BERITA TERKAIT