15 March 2022, 15:10 WIB

Sekolah di Daerah PPKM Level 1 dan 2 Sudah Terapkan PTM 100%


Faustinus Nua | Humaniora

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
 ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Siswa mengerjakan soal ujian sekolah di SMPN 1 Kudus, Kudus, Jawa Tengah.

DI tengah menurunnya kasus covid-19, berbagai kegiatan masyarakat pun mulai normal kembali. Begitu pula dengan sektor pendidikan, sekolah-sekolah di daerah PPKM level 1 dan 2 sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan 100%.

"Yang level 2 sudah 100% sesuai SKB terbaru," ujar Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud-Ristek, Jumeri kepada Media Indonesia, Selasa (15/3).

Jumeri menegaskan bahwa penerapan PTM sudah diatur dalam SKB 4 Menteri. Di dalamnya diatur berbagai prosedur penerapan PTM yang disesuaikan dengan level PPKM dan cakupan vaksinasi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemendikbud-Ristek Suharti perubahan level PPKM di berbagai wilayah di Indonesia yang menunjukkan tren positif mendorong kembali dilaksanakannya PTM di sekolah. Namun, dia mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan covid-19.

Baca juga: Dukung Peduli Pasien Covid-19, Apotek Kimia Farma Beri Kemudahan

"Dinas Pendidikan dan sekolah dapat mengikuti panduan di dalam SKB Empat Menteri yang terakhir. SKB Empat Menteri yang berlaku saat ini sifatnya dinamis, menyesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah. Silakan dicermati kembali poin-poin yang diatur di SKB Empat Menteri," ungkapnya.

"Tentunya pemahaman dan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci suksesnya PTM terbatas yang aman dan nyaman," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT