11 March 2022, 14:28 WIB

Bakrie Group Sediakan Bantuan Pendanaan Sosial Hingga Rp1 Miliar


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Bakrie Group berkolaborasi dengan berbagai kelompok komunitas sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

DALAM rangka mendukung inisiatif sosial anak muda, Bakrie Group berkolaborasi dengan berbagai kelompok komunitas sosial yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Bakrie Group menyediakan bantuan pendanaan mencapai Rp1 miliar melalui program Kita Satu sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT 80 Tahun Bakrie Group.

Bantuan pendanaan bagi komunitas sosial tersebut diharapkan dapat mendukung semangat inovatif para anak muda dalam membangun masyarakat dan ide-ide kreativitas dalam memecahkan permasalahan lokal yang ada di daerahnya masing-masing.

Berdasarkan sensus penduduk Indonesia pada tahun 2020, terdapat sekitar 75,49 juta jiwa (27,94%) jumlah generasi Gen Z dan terdapat 69,38 juta jiwa (25,87%) dari jumlah generasi milenial.

Melihat angka tersebut, saat ini populasi masyarakat Indonesia didominasi oleh anak muda. Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, anak muda memiliki potensi yang signifikan dalam menjadi agen perubahan bagi masyarakat di tempat tinggalnya.

Baca juga: Herd Immunity Harus Berdasarkan Vaksinasi bukan Infeksi

Salah satu sarana dalam mengimplementasikan ide-ide solutif adalah melalui komunitas sosial.

Komunitas sosial memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di masyarakat, karena komunitas sosial memahami kebutuhan yang dimiliki masyarakat sekitar sehingga mampu menghadirkan solusi yang bersifat lokal.

Dari jumlah relawan serta komunitas yang tercatat oleh Indorelawan. Saat ini Indorelawan mencatat terdapat 233.728 relawan, 3.792 organisasi dan 7.078 aktivitas yang dilakukan oleh komunitas sosial yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Melalui Program Kita Satu, Kami berharap anak muda Indonesia dapat menjadi pionir dalam membangun masyarakat melalui komunitas sosial," ujar Aninditha Anestya Bakrie, selaku Presiden Komisaris PT Bakrie Global Ventura.

"Kami percaya bahwasanya anak muda memiliki potensi yang besar dalam menghadirkan solusi dan perubahan yang lebih baik bagi negeri. Dengan support di faktor pendanaan sosial, niat baik dan ide kreativitas anak muda jadi makin berkembang dan terealisasi,” kata Aninditha.

Program Kita Satu digagas sesuai dengan semangat 80 tahun Bakrie Group yang berkomitmen untuk mengembangkan kualitas anak muda Indonesia lewat semangat “Generasi Bangun Negeri”. 

Komunitas sosial dapat mendaftarkan komunitas mereka pada seleksi gelombang pertama dari 28 Februari sampai dengan 13 Maret 2022 dan akan ada gelombang kedua hingga empat setelahnya.

Sekitar 40 komunitas sosial nantinya akan terpilih untuk mendapat bantuan pendanaan dari Bakrie Group.

Ide-ide sosial yang bersifat berkelanjutan, unik dan beda, inovatif serta berdampak positif akan menjadi empat kriteria seleksi utama komunitas sosial yang terpilih. Pendaftaran dan informasi mengenai program Kita Satu dapat diakses pada halaman website https://bakrie.id/. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT