10 March 2022, 16:48 WIB

Gerakan Siap Darling Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan di Situs Sejarah


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Gerakan #SiapDarling meluncurkan program Candi Darling pada Kamis (10/3). 

BAKTI Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan #SiapDarling yang merupakan akronim dari Siap Sadar Lingkungan sejak 2018 aktif membagikan berbagai konten informatif seputar lingkungan dan aksi nyata melestarikan bumi melalui kanal media sosial.

Di tahun 2022 ini, #SiapDarling melakukan terobosan dengan meluncurkan web series bertajuk “Jumpa”, guna menguatkan pesan tentang cinta lingkungan di situs-situs warisan sejarah.

Web Series yang rencananya akan ditayangkan secara eksklusif di kanal YouTube #SiapDarling mulai 13 Maret 2022 ini mengambil latar Situs Cagar Budaya Dieng.

Melalui serial yang dibintangi bintang muda Maizura dan Omara Esteghlal ini, #SiapDarling ingin menggugah anak muda Indonesia untuk dapat ikut mengambil peran aktif dalam upaya-upaya pelestarian alam di manapun mereka berada.

“Gerakan #SiapDarling meluncurkan program Candi Darling yaitu gerakan menanam pohon di situs-situs warisan sejarah Indonesia dan ditargetkan akan selesai di 2025," ujar Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara dalam keterangan pers, Kamis (10/3).

"Komunikasi kreatif telah dimulai dengan web series Prince Darling sebanyak tiga episode, dan saat ini Jumpa dalam empat episode. Langkah-langkah strategi komunikasi dalam platform digital ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam untuk lingkungan,” jelasnya.

Program Candi Darling melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas atau yang disebut Darling Squad.

“Hingga saat ini, sudah ada 2.272 Darling Squad dari 171 kota dan 270 kampus seluruh Indonesia yang terdaftar sebagai sukarelawan untuk ikut menanam pohon bersama #SiapDarling lewat kegiatan Candi Darling yang diadakan sejak 2019. Aktivitas konservasi di warisan sejarah tetap diadaptasi secara daring melalui Candi Darling From Home,” ujar Program Associate BLDF, Tania Anggriani Arbi.

“Selanjutnya Gerakan #SiapDarling akan menanam lebih dari 5.600 bibit semak berbunga dan pohon seperti pohon cemara pua dan kemuning di Kawasan Candi Dieng antara lain Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Darmacala, Candi Setyaki dan Candi Bima Semua bibit diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah,” lanjutnya.

Aksi menanam pohon sekaligus menjaga peninggalan sejarah seperti candi ini disambut baik oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kelompok Kerja Pengembangan, Pemanfaatan, dan Publikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, Wahyu Kristanto yang hadir pada acara peluncuran menyebut bahwa inisiatif seperti ini perlu terus digalakkan, utamanya dengan merangkul generasi muda.

Berbicara tentang pariwisata, “pesona warisan budaya menjadi "magnet" yang kuat namun kadang harus "bersaing" ketat dengan objek-objek wisata lainnya.

“Pesona warisan sejarah kadang harus bersaing ketat dengan objek-objek wisata lainnya. Gerakan seperti Candi Darling ini menjadi penting, karena tidak hanya mengajak anak muda agar lebih peduli dengan lingkungan, akan tetapi juga memberikan informasi yang positif mengenai warisan sejarah dan bagaimana kita bisa ikut andil dalam merawatnya,” ujar Wahyu.

Peluncuran web series “Jumpa” turut dihadiri oleh Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang diwakili oleh Kepala Bagian Penyajian dan Pelayanan Informasi Publik, Nuke Mutikania Mulyana, S.T., M.Si sebagai salah satu narasumber.

Dalam paparannya, Nuke menyorot ide kreatif yang digagas oleh BLDF dalam menyampaikan pesan terkait lingkungan melalui serial mini ini. “Isu lingkungan memang terkesan kompleks, sehingga menjadi tantangan tersendiri tentang bagaimana harus mengomunikasikannya," jelasnya.

"Di KLHK. Menteri Siti Nurbaya sendiri selalu menekankan kepada seluruh jajaran untuk aktif menyampaikan informasi kepada publik, apa saja yang sudah dilakukan ke lingkungan, sehingga memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat. Apresiasi besar dan setinggi-tingginya kepada Djarum Foundation untuk kegiatan #SiapDarling,” ujar Nuke.

Web Series “Jumpa” akan tayang perdana di akun YouTube Siapdarling pada 13 Maret 2022 pukul 11.00 WIB. Serial pendek sejumlah empat episode dan tayang setiap hari Minggu di jam yang sama hingga 3 April 2022. Serial disutradarai oleh Andrew Kose, dan diproduksi oleh Studio Antelope. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT