28 February 2022, 11:00 WIB

Pemerintah akan Mulai Bagikan Set Top Box Gratis Mulai Maret


Basuki Eka Purnama | Humaniora

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Sejumlah warga menyaksikan televisi di daerah Kebayoran Lama, Jakarta.

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika bersama lembaga penyiaran swasta akan membagikan set top box gratis mulai 15 Maret, menjelang analog switch off tahap pertama.

"Pemerintah akan membagikan set top box, bersama lembaga penyiaran swasta," kata Staf Ahli Menteri Kominfo Henri Subiakto dalam webinar Siaran Bersih, Jernih, Canggih dari Perbatasan, Rabu (23/3).

Perangkat set top box gratis ini akan diberikan kepada rumah tangga miskin yang sudah memiliki pesawat televisi dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Kementerian Sosial.

Baca juga: Jatim Siap Beralih Makin Merdesa Digital

Set top box ini akan dibagikan mulai 15 Maret sampai 30 April kepada masyarakat yang tinggal di wilayah ASO Tahap I. Penghentian siaran televisi terestrial analog tahap pertama dijadwalkan berlangsung pada 30 April di 56 wilayah siaran, yang mencakup 166 kabupaten kota.

Setelah 30 April, wilayah tersebut hanya bisa menerima siaran televisi terestrial digital. 

Jika masih menggunakan televisi model lama, yang belum bisa menangkap siaran digital, masyarakat perlu menggunakan set top box atau tidak bisa menonton siaran televisi terestrial sama sekali.

Menurut Henri, selama ASO, akan ada sekitar 6,7 juta perangkat set top box yang dibagikan kepada masyarakat. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT