25 February 2022, 17:34 WIB

Tinjau Vaksinasi di Riau, Airlangga Minta Perluas Cakupan Vaksinasi Anak


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau acara vaksinasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 158 Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (25/2).

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan saat ini pemerintah terus berupaya untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi, salah satunya pada kelompok anak-anak usia enam hingga 11 tahun.

Airlangga berharap akan mendorong tercapainya kekebalan kelompok.

“Kegiatan vaksinasi ini kita dorong sebagai bentuk kepedulian Pemerintah akan kesehatan  masyarakat sekaligus mendukung aktivitas pembelajaran tatap muka,” ujar Airlangga saat meninjau acara vaksinasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 158 Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (25/2).

Menurut Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu, kelompok anak-anak berusia antara 6 hingga 11 tahun termasuk kelompok yang rentan terhadap serangan Covid-19. Sekitar 10% sampai 12% populasi yang pernah terkena Covid-19 berada di rentang usia tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Susu Bisa Cegah Covid-19

Sembari berbincang dengan anak-anak peserta vaksin dan tenaga kesehatan, Airlangga menyampaikan kembali pesan Presiden Joko Widodo.

Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada, mengurangi mobilitas, tidak bepergian keluar negeri, mengikuti program vaksin dosis primer maupun booster, serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan vaksinasi anak-anak ini dilakukan secara serentak di 15 SD, setiap kecamatan di Kota Pekanbaru dengan target akseptor sebanyak 10.39 orang. Khusus di SDN 158 Pekanbaru sendiri, vaksinasi ditargetkan kepada lebih dari 600 penerima yang berumur enam hingga 11 tahun dengan jenis vaksin Pfizer.

Airlangga pun memberikan apresiasi atas tingkat vaksinasi yang ada di Riau.

"Tentu dengan adanya Covid-19 varian Omicron ini, vaksinasi harus digenjot. Saya mengapresiasi di Riau ini karena tingkat vaksinasi pertama sudah mencapai 90 persen dan vaksin kedua sudah lebih dari 70 persen," tutur Airlangga.

Di tempat yang berbeda, Airlangga juga mengapresiasi peran tokoh masyarakat dan agama dalam mendukung program penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

Menurutnya, keberhasilan penanganan Covid-19 di Riau tidak lepas dari peran para tokoh masyarakat.

“Dengan dukungan para alim ulama, program vaksinasi dapat berjalan lancar dan masyarakat antusias untuk mendapatkan vaksinasi," katanya.

"Keberhasilan penanganan Covid-19 tidak lepas dari peran para tokoh masyarakat Riau yang turut mendukung dalam penanganan pandemi melalui PPKM dan protokol kesehatan,” pungkas Airlangga. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT