29 January 2022, 16:47 WIB

Menparekraf Sandiaga: Labuan Bajo Siap Sambut G20 dan ASEAN Summit 2023


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

SEBAGAI destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), Labuan Bajo tentunya harus mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Akses hunian untuk para wisatawan menjadi hal yang penting dalam dunia pariwisata.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satu rangkaian dari kunjungan kerja Menparekraf tersebut adalah mengunjungi Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) yang dibangun sebagai upaya mengoptimalkan fungsi hunian dan membentuk konektivitas antar bangunan sekaligus penataan lingkungan berbasis pemberdayaan masyarakat

"Apresiasi dan ucapan terima kasih saya ucapan kepada pemerintah melalui PUPR atas bantuan penyediaan Ssrhunta di sini, kehadiran Sarhunta  merupakan salah satu wujud dan menjadi ikon dari pariwisata yang berkeadilan, sehingga bukan hanya hotel-hotel besar yang dibangun tetapi Sarhunta juga," Sandiaga dalam keterangan pers, Sabtu (29/1).

Baca juga: Menteri PUPR : Jangan Main-Main dengan Penataan Labuan Bajo

Menparekraf, Sandiaga, juga menyampaikan beberapa data terkait pembanguan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo oleh Kementerian PUPR bahwa ada sekitar 241 unit homestay, 25 unit workshop, 99 unit toko, 44 unit kuliner, 18 jasa Lainnya dan 213 unit koridor.

"BPOLBF (Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores) akan membantu mendampingi lewat pengembangan tata kelola, peningkatan layanannya, serta pemasaran," jelas Dirut BPOLBF Shana Fatina.

"Sarhunta juga akan di kolaborasi kan menjadi venue event-event yang akan mendatang seperti G20 yang sudah semakin dekat," jelasnya.

"Pada prinsipnya Sarhunta adalah salah satu implementasi dari pariwisata yang berkeadilan, ramah, memberi kenyamanan dan sebagai salah satu wujud dari pemberian ruang keikutsertaan masyarakat dalam perkembangan pariwisata di Labuan Bajo," tutur Shana.

Sandiaga Uno juga mengunjungi Creative Hub Puncak Waringin yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Oktober 2021 yang merupakan simbol kolaborasi dan sarana untuk bertukar informasi di antara para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) serta menjadi pendorong multiplayer effect kepada sektor lain.

"Creative hub adalah sebuah ruang utk silaturahmi dan bertukar informasi. Di sini juga kita melihat bukti kolaborasi lintas kementerian dan lembaga," kata Menparekraf.

"Keseriusan pemerintah pusat terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo menjadikannya sebagai salah satu DPSP dan oleh karena itu kita harus ambil semangat optimisme bersama, bergandengan tangan dan mengambil momentum ini sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi kita," jelas Sandiaga.

Menparekraf RI juga mengajak semua pihak untuk menjaga berbagai fasilitas KSPN tersebut dengan penuh totalitas dan mengutamakan aspek keberlanjutan.

Sandi juga menegaskan bahwa Labuan Bajo siap menyambut G20 dan ASEAN Summit 2023. "Dengan ini saya katakan Labuan Bajo siap menyambut side event G20 dan tuan rumah ASEAN Summit 2023" tutupnya.(RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT