28 January 2022, 16:05 WIB

Cabang IFI Hadir di Serpong


Gana Buana | Humaniora

DOK IST
 DOK IST
Sesi foto acara pembukaan kampus IFI Serpong, Banten.

KAWASAN Summarecon Serpong menambah satu fasilitas pendidikan tinggi di kawasan properti ternama di wilayah Tanggerang. Kerjasama antara Universitas Pradita bersama dengan Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia, serta Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dan Institut Francais d’Indonesie (IFI) resmi membuka kampus IFI Serpong pada Jumat (28/1).

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyampaikan, Kedutaan Besar Prancis mendukung penuh kerja sama ini dan menganggap bahwa kerja sama ini menjadi awal mula yang dapat memperkuat kerja sama bilateral kedua negara. Kehadiran IFI Serpong diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Tangerang dan sekitarnya yang ingin tahu dan berminat untuk mengenal Prancis dengan lebih dekat melalui kelas bahasa dan acara-acara kebudayaannya. Tak hanya itu, informasi tentang potensi melanjutkan studi di Prancis juga dapat diperoleh di IFI Serpong.

“Kerja sama dengan Universitas Pradita ini menjadi awal mula yang baik dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Prancis di bidang pendidikan, melalui adanya IFI Serpong”, jelas Olivier dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (28/1).

Direktur IFI Stephane Dovert menyampaikam, kerja sama seperti ini baru pertama kali dilakukan, yaitu dengan Universitas Pradita. Sedangkan Yayasan Pendidikan Pradita Indonesia sebagai pengelola universitas berharap dengan adanya kerja sama ini, Universitas Pradita dapat menjadi magnet bagi masyarakat luas.

Baca juga: Pemerintah Diharapkan Perhatikan Permasalahan Pendidikan Nonformal

“Universitas Pradita adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menyelenggarakan kerja sama secara holistik, yakni di seluruh ranah kerja sama IFI yakni ; pendidikan, universitas, sains dan teknologi, kebudayaan dan yang terakhir adalah bahasa yang terimplementasikan dalam IFI Serpong ini. Harapan saya, kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan bahkan berkembang ke arah yang lebih luas lagi,” kata dia.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi menyampaikan, IFI Serpong merupakan lembaga di bawah pemerintah Prancis dipercaya dapat menambah value tersendiri bagi masyarakat luas di bagian barat Jakarta dan Tangerang. Pihaknya ingin Universitas Pradita memiliki ciri khas dalam kerja sama yang dilakukannya. 

“Kolaborasi dengan mitra dalam maupun luar negeri memang merupakan nilai yang kami tekankan saat Summarecon membentuk Universitas Pradita. Kolaborasi antara Universitas Pradita dan IFI ini diharapkan mampu mewujudkan visi yang telah digagas sejak awal, yakni menjadi Enterprise University yang berwawasan global”, tandas dia. (Gan)

Seperti yang diketahui, cabang IFI Serpong merupakan cabang yang terafiliasi dari IFI Pusat. IFI serpong menyediakan standar pendidikan mulai dari kurikulum, pengajar hingga ujian yang sama dengan IFI lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Beragam kelas bahasa Prancis akan dihadirkan seperti Kelas Bahasa Prancis Umum(KBPU) yang berorientasi pada DELF (Diplôme d'études en langue française) dan Kelas Bahasa Prancis Tematik (KBPT) yang terdiri dari beberapa pilihan kelas. (R-3)

BERITA TERKAIT