28 January 2022, 11:30 WIB

Pemerintah Diharapkan Perhatikan Permasalahan Pendidikan Nonformal


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra W
 ANTARA FOTO/Nyoman Hendra W
Salah satu bentuk pendidikan nonformal

KETUA Umum Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Imadiklus) Indonesia Periode 2019-2021 Ismail Mahmud berharap program pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat terus ditingkatkan oleh semua stakeholder.

"Insan pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat harus terus solid memperjuangkan rumah pendidikan masyarakat. Masih banyak persoalan pendidikan nonformal yang belum terselesaikan sehingga praktisi pendidikan nonformal juga harus menunjukkan kapasitasnya dalam pengelolaan pendidikan nonformal," kata Ismail kepada Media Indonesia, Jumat (18/1).

Dirinya juga menyinggung jurusan pendidikan luar sekolah yang belum sepenuhnya mendapatkan kesempatan untuk mengelola satuan pendidikan nonformal yang ada di Indonesia.

"Jika kita melihat rekrutmen CPNS beberapa tahun terakhir, formasi jurusan pendidikan luar sekolah belum begitu banyak dibuka. Padahal di setiap Kabupaten/Kota terdapat satuan pendidikan nonformal/pls/pendidikan masyarakat," ujar Ismail.

"Semoga ke depannya satuan pendidikan nonformal memberikan kesempatan kepada alumni pendidikan luar sekolah untuk menata dan membangun dunia pendidikan nonformal," tambahnya.

Baca juga:  Kemendikbudristek Klaim Kurikulum Prototipe Bisa Kurangi Kesenjangan Pendidikan

Lebih lanjut, dirinya juga menyebutkan dibutuhkan perjuangan semua pihak baik alumni, mahasiswa, praktisi maupun akademisi untuk berkoordinasi dengan penentu kebijakan.

"Dibutuhkan koordinasi secara masif dengan penentu kebijakan, kita harus meyakinkan bahwa ilmu Pls adalah ilmu yang dibutuhkan di masyarakat," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT