27 January 2022, 22:10 WIB

Tingkat Keterbacaan Kanal Pemerintah Masih Rendah


Ayu Isrianti, Pranata Humas BMKG | Humaniora

MI/Zen
 MI/Zen
Pemateri siaran pers 

KONTEN siaran pers yang dihasilkan humas kementerian/lembaga secara bentuk banyak yang kurang menarik. Akibatnya tingkat keterbacaan dari kanal-kanal pemerintah masih rendah.

"Padahal humas kementerian/lembaga punya peran strategis dalam menyampaikan kebijakan pemerintah. Salah satu alat yang digunakan adalah siaran pers. Namun, konten yang dihasilkan secara bentuk belum menarik dan secara kualitas masih kurang. Hal tersebut mengakibatkan tingkat keterbacaan dari kanal-kanal pemerintah masih rendah" ujar Direktur Pengelolaan Media Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Nursodik Gunarjo saat membuka bimbingan teknis (bimtek) penulisan siaran pers untuk pranata humas dari kementerian/lembaga di Depok, Jawa Barat, Kamis (27/1).

Gunarjo menambahkan bahwa siaran pers merupakan media yang biasa dipakai humas dalam menyampaikan kebijakan kementerian/lembaga dan kebijakan pemerintah. Namun, penulisan rilis masih terfokus pada seremonial saja sedangkan substansi tidak terangkat. 

Itu sebabnya bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pranata humas dari kementerian/lembaga dalam rangka menyukseskan pelaksanaan komunikasi publik yang terintegrasi lintas kementerian. Khususnya dukungan penyebarluasan informasi penyelenggaraan presidensi konferensi tingkat tinggi (KTT) G-20 Indonesia 2022.

Menurut katadata.co.id, Presidensi G-20 adalah forum multilateral yang berfokus pada isu keuangan dan non keuangan. Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin negara anggota G-20 di 2022 dan menjadi negara ke-5 di Asia yang menjadi tuan rumah KTT ini setelah Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Secara umum G-20 menjadi representasi perekonomian dunia dan memiliki posisi strategis.

Nursodik juga menambahkan bahwa Kominfo punya peran penting dalam arus pemberitaan G-20, yaitu menyajikan informasi yang proaktif ketimbang reaktif. Sehingga diharapkan humas pemerintah juga bisa berpartisipasi dalam mendukung kinerja Kominfo. 

Bimtek yang merupakan kerja sama dengan Harian Media Indonesia ini dilaksanakan pada 27-29 Januari,  diikuti perwakilan pranata humas dari 26 kementerian/lembaga. (O-2)

Peserta Bimbingan Teknik Penulisan Siaran Pers Ditjen IKP Kominfo

BERITA TERKAIT