26 January 2022, 16:50 WIB

Tips Bikin Sepatu Lama Tampak Baru Lagi


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok.Spotless Shoe Cleaner
 Dok.Spotless Shoe Cleaner
Ilustrasi

SEPATU saat ini bukanlah untuk sekadar keamanan, lebih dari itu  menjadi item yang mempengaruhi kepercayaan diri. Sepatu yang terlihat bersih akan menambah kepercayaan diri pemakainya. Bahkan ada pepatah Prancis yang berbunyi 'Sepatu yang cantik akan mengantarmu ke tempat yang cantik pula.'

Bukan hanya tampilan, membersihkan sepatu juga jadi suatu kewajiban agar terhindari dari bakteri yang memicu penyakit dan masalah bau kaki. Mencuci sepatu secara rutin dan tepat adalah salah satu hal yang dapat dilakukan. Sebagai pemilik sepatu, perlu untuk tahu cara mencuci sepatu yang tepat, agar menjaga kebersihan dan tampilan.

Baca juga: Gelar Trade Show, 910Nineten Siapkan Jajaran Produk Sepatu Baru

Yang sering salah adalah adanya anggapan cara membersihkan sepatu dengan merendamnya menggunakan detergen. Padahal hal ini bisa jadi awal penyebab kerusakan sepatu. Sepatu perlu mendapat perlakuan sesuai dengan bahan dan jenisnya. Gunakan peralatan yang tepat agar dapat efektif membersihkan sepatu.

Sebenarnya, membersihkan sepatu kotor saat ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Membersihkan sepatu secara dry clean, kamu bisa mendapatkan tampilan sepatu kembali bersih tanpa perlu direndam, dan mengindari pengeringan sepatu di bawah sinar matahari. Hal ini tentunya dapat memperpanjang umur dari sepatu. Memilih cara perawatan dan pemilihan produk yang tepat, tentunya dapat membuat sepatu lama menjadi tampak baru.

Salah satu merek lokal yang konsisten mengembangkan produk pembersih sepatu ialah Spotless. Usaha ini dirintis oleh Prabadika Hadyan Romadhona dan David William sejak 2015 dalam misi membuat sepatu masyarakat Indonesia tampak baru lagi.

Berbicara mengenai kebersihan sepatu, Direktur Utama Spotless, Prabadika Hadyan Romadhona mengungkapkan pentingnya sepatu untuk selalu dibersihkan, sebagai salah satu item yang sering kali digunakan. Prabadika dan tim Spotless menghadirkan solusi dalam tips membersihkan sepatu yang praktis.  

“Kebersihan diri, lingkungan, dan juga pakaian adalah penting hukumnya untuk kesehatan kita. Termasuk pada sepatu yang selalu kita gunakan dan terpapar dari berbagai macam kotoran di jalanan, sudah sepatutnya dia dibersihkan dengan tepat,” ujarnya.   

Untuk menyelesaikan masalah sepatu kotor, Spotless menghadirkan inovasi Spotless Shoe Cleaner sebagai solusi membersihkan dan merawat sepatu dengan mudah. Dengan produk ini, Spotless mematahkan asumsi dalam membersihkan sepatu.

Perpaduan produk Spotless dengan teknik dry clean dalam membersihkan sepatu, dapat mempersingkat proses membersihkan sepatu. Dengan cara ini, membersihkan sepatu hanya memakan waktu kurang lebih dari 30 menit. Teknik dry clean ialah dengan hanya meneteskan Spotless Shoe Cleaner ke sikat basah, dan menyikat bagian sepatu yang kotor, serta mengelap bagian sepatu yang telah disikat. Prabadika menuturkan, jika cara ini sudah mulai harus dilakukan dalam membersihkan sepatu.

Keunggulan lainnya Spotless Shoe Cleaner, kata David William, Direktur Spotless, dibandingkan dengan membersihkan sepatu menggunakan odol atau detergen adalah tidak meninggalkan flek kuning pada bahan sepatu, menjaga kualitas warna dan bahan sepatu, serta tidak membuat lem sepatu rusak.

“Dengan hadirnya Spotless, siapa saja bisa mencuci sepatu kesayangannya tanpa perlu khawatir akan bahan sabunnya. Kami menyiapkan perlengkapan berkualitas untuk menjaga dan merawat sepatu dengan mudah dari rumah,” ujar Direktur Spotless, David William.

Selain dari Shoe Cleanernya, Spotless juga terus berupaya untuk menghadirkan inovasi produk perawatan sepatu lainnya seperti Water Repellent, Unyellowing, Shoe Tree, dan lain lain. Menurut David, kecepatan Spotless dalam berinovasi dan melakukan penetrasi pada pasar sangat krusial untuk memenuhi misinya dalam membuat sepatu masyarakat Indonesia tampak baru lagi.
 
Jadi bukan perkara sulit untuk menjaga keindahan sepatu. Dengan produk Spotless, mencuci sepatu adalah kegiatan mudah dari rumah. Sebagai bentuk penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mulailah rawat sepatu agar selalu terlihat bersih dan nyaman ketika digunakan. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT