25 January 2022, 13:02 WIB

UMKM Kopi Dorong Kesuksesan Program Perhutanan Sosial


Atalya Puspa | Humaniora

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Barista meracik kopi pada Festival PeSoNa Kopi Agroforestry 2022.

MEDIA Indonesia kembali menyelenggarakan Festival PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 di hari jadinya yang ke-52. Dalam pelaksanaannya kali ini, Media Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam pembukaan acara tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan acara tersebut diharapkan dapat mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kopi serta menyukseskan program perhutanan sosial di Indonesia.

"Kegiatan ini sangat mendorong usaha perhutanan sosial. Karena ini sangat mendorong aktualisasi upaya hulu ke hilir pengelolaan hutan," kata Siti di Gedung KLHK, Jakarta Pusat, Selasa (25/1).

Siti mengungkapkan 70% pengelola kawasan hutan Indonesia mengembangkan kopi sebagai komoditas utamanya. Dengan demikian, Indonesia menempati posisi keempat dengan produksi kopi terbesar di dunia. Untuk itu, pemanfaatan potensi tersebut perlu dikelola dengan sangat baik.

Dalam mendukung hal tersebut, KLHK menargetkan untuk memberikan akses lahan seluas 12,7 juta hektare kepada masyarakat luas.

"Sampai Januari 2022 telah diberikan akses perhutanan sosial seluas 4,9 juta hektar pada 1,1 juta kepala keluarga," ucap dia.

Baca juga: Pelaku Usaha Berharap Festival Kopi Rutin Digelar

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengungkapkan dengan potensi pengembangan kopi yang begitu besar di Indonesia, masih banyak hal yang bisa dilakukan agar meningkatkan nilai ekonomi untuk masyarakat.

"Kopi bisa jadi bagian dari pertumbuhan perekonomian. Kopi juga akan membantu kita menyelesaikan permasalahan sosial akibat pandemi covid-19," ucap dia.

CEO Media Group Mirdal Akib mengungkapkan Media Group senantiasa membuat event yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

"Media Indonesia sudah hampir eksis setengah abad dan selalu merayakan hari jadi dengan festival kopi. Ini dilakukan untuk memberikan perkembangan industri kopi dan UMKM di Indonesia," kata Mirdal.

"Semoga kolaborasi ini jadi momentum kebangkitan UMKM yang saat ini berkontribusi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Festival PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 dilaksanakan pada 25-28 Januari 2022 di Gedung KLHK. Dalam agenda tersebut, sebanyak kurang lebih 40 UMKM Indonesia memamerkan produknya. Selain itu, terdapat sejumlah acara seminar dan live streaming tentang kopi dan hutan sosial yang dapat disaksikan di berbagai platform Media Indonesia.(OL-5)

BERITA TERKAIT