21 January 2022, 19:06 WIB

Hanya Ada 40 Laboratorium Sedia Reagen SGTF untuk Tes Omikron


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

ANTARA/FAUZAN
 ANTARA/FAUZAN
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada siswa SDN Gebang Raya 2, Kota Tangerang, Banten, Rabu (12/1/2022)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan untuk ketersediaan S Gene Target Failure (SGTF) di laboratorium Tanah Air belum banyak.

"Potensi yang bisa menggunakan reagen open SGTF cukup banyak, tapi lab yang menyediakan reagen SGTF sekitar 30-40 laboratorium saja," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Jumat, (21/1)

Tes PCR SGTF terletak pada kit reagen khusus yang dibutuhkan untuk SGTF yang fokus pada area genom omikron. Saat ini pemerintah melalui Kemenkes terus memperbanyak lab dengan menyediakan pemeriksaan SGTF di provinsi-provinsi untuk mendeteksi varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau omikron lebih akurat.

Baca juga: Dunia Usaha Komit Jalani Bisnis Berkelanjutan

Nadia menyebutkan saat ini potensi laboratorium yang bisa menyediakan reagen SGTF mencapai 300 lab. Namun ketersediannya hanya di 30-40 lab saja dan akan memperluas menunggu produksi dari PT Bio Farma (Persero).

"Kalau jumlahnya yang bisa menggunakan reagen SGTF ini ada sekitar 300 laboratorium tetapi memang reagen SGTF ini belum tersedia luas. Laboratoriumnya sebenarnya bisa menggunakan mesin yang ada terutama yang menggunakan sistem terbuka jadi bisa menggunakan reagen yang SGTF," jelasnya.

"Reagen SGTF sangat penting untuk deteksi omikron atau skrining varian tersebut," ucapnya. (H-3)

BERITA TERKAIT