20 January 2022, 15:47 WIB

Sentra Vaksin Generasi Maju Dukung Percepatan Vaksinasi untuk Anak


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Kegiatan Sentra Vaksin Generasi Maju dengan sasaran vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak yang berusia 6-19 tahun di Jakarta.

ANAK-anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengakses kemajuan untuk mendukung mereka tumbuh jadi generasi maju.

Data menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses pendidikan, nutrisi, dan kesehatan terlebih lagi kondisi pandemi yang membuat keadaan semakin serba terbatas.

Mendukung program pemerintah untuk pemulihan dari pandemi covid-19 serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul, Danone Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak dan vaksin booster di Mal Neo Soho, Jakarta Barat.

Sentra Vaksin Generasi Maju yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit” akan berlangsung pada 20 - 24 Januari 2022 dengan menargetkan 5.000 peserta vaksin yang terdiri dari 2.500 peserta anak dan 2.500 peserta vaksinasi booster.

Hadir dalam seremoni pembukaan Sentra Vaksin Generasi Maju, Kamis (20/01), Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Sri Wahyuningsih, M.Pd.

Selain itu, turut hadir Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha, Kementerian PPPA, Eko Novi Ariyanti R.D., M.Si.; Kepala Bagian Kerjasama Pihak Ketiga Pemprov DKI Jakarta, Marulina Dewi, Government and External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat, dan Customer Relationship Management Executive Director Indomaret, Gondo Sudjoni.

Pemerintah telah mempersiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun. 

Vaksinasi Covid-19 untuk anak ini juga telah direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus korona dari dan ke orang lain di sekitarnya walau tanpa gejala. 

Guna mempercepat upaya pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19 terutama bagi anak dan vaksin booster, pada tahun 2022, Danone Indonesia berinisiatif berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Indomaret dalam memfasilitasi sarana dan prasarana kegiatan vaksin melalui Sentra Vaksin Generasi Maju di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Mengingat 3 kota besar tersebut masih menjadi fokus pemerintah dalam pengendalian kasus covid-19.

Seperti yang dikutip dari laman covid-19.go.id, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya masuk dalam 10 daerah dengan kasus covid-19 tertinggi, dimana DKI Jakarta sebesar 20,4% (870.362 kasus), Jawa Timur sebesar 16,6% (400.335 kasus) dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 3,7% (157.067 kasus).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kemenkes. Siti Nadia Tarmizi mengatakan,“Anak-anak Indonesia merupakan masa depan bangsa yang perlu kita dukung dan lindungi bersama agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju."

"Kami sangat menyambut positif kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia demi tercapainya herd immunity. Kami sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak, termasuk pihak swasta seperti Danone Indonesia dan Indomaret melalui Sentra Vaksin Generasi Maju ini," papar Nadia.

Direktur Sekolah Dasar, Kemedikbudristek, Sri Wahyuningsih, mengatakan, “Memastikan kemajuan SDM Indonesia yang berkualitas sehat, cerdas, dan unggul merupakan hal penting demi mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045."

"Kegiatan vaksinasi anak di masa pandemi ini tidak hanya menjamin kesehatan anak dengan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuhnya, namun juga dapat mendukung keamanan dan keselamatan anak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan baik di sekolah," tutur Sri.

Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha, Kementerian PPA  Eko Novi Arianti mengatakan, "Sebagai upaya untuk percepatan program vaksinasi covid-19, khususnya bagi anak dan kelompok rentan, tentunya dukungan dari berbagai pihak."

"Termasuk sektor swasta juga sangat dibutuhkan agar masyarakat Indonesia dapat terlindungi dari Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia dan Indomaret pada hari ini," jelasnya.

Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat mengatakan, “Dari tahun ke tahun, Danone Indonesia terus konsisten berkomitmen melakukan berbagai inisiatif yang berkelanjutan untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia."

"Kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan memperoleh akses untuk tumbuh jadi generasi maju, sehingga berbagai dukungan untuk anak-anak Indonesia semakin dibutuhkan agar bisa maju, terlebih lagi di masa pandemi yang memberikan tantangan lebih besar dalam upaya memastikan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik,” paparnya

Senada dengan Danone Indonesia, Customer Relationship Management Executive Director Indomaret, Gondo Sudjoni memberikan dukungan bagi kesehatan anak-anak Indonesia dalam proses pemulihan pandemi.

“Kegiatan ini penting sekali untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak dari pandemi Covid-19,” imbuhnya. 

"Terutama dalam mengikuti pembelajaran tatap muka, anak membutuhkan tameng untuk kekebalan tubuhnya. Untuk itu, kolaborasi bersama Danone Indonesia sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan dari pandemi didukung penuh oleh Indomaret," papar Gondo. (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT