18 January 2022, 13:20 WIB

Pemerintah Mulai Sulap Kapal Menjadi Penginapan di Mandalika


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi Kapal Phinisi bersandar di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. 

PEMERINTAH mulai mendatangkan kapal-kapal phinisi dan PT Pelni ke kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Moda transportasi tersebut akan disulap menjadi hotel-hotel terapung guna memenuhi kebutuhan penginapan di daerah itu pada periode gelaran MotoGP Mandalika, pertengahan Maret mendatang.

"Pemerintah sudah mulai mendatangkan kapal-kapal phinisi dan Pelni ke lokasi. Kita harapkan itu bisa mencukupi kebutuhan yang ada," ujar Deputi I Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin Tetelepta melalui keterangan resmi, Selasa (18/1).

Selain mengerahkan kapal-kapal, pemerintah juga akan memaksimalkan homestay yang dikelola oleh warga serta mempercepat pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Khusus, yang berada di kawasan Mandalika dan Tiga Gili di Lombok Utara.

Selain itu, tambah Febry, juga disediakan bumi perkemahan (camping ground) dan glamping (kemah mewah).

"Ini sebuah kebijakan yang sangat serius yang dipakai pemerintah untuk menjawab tingginya antusias para penonton dengan menyediakan hunian yang baik," sambungnya.

Saat ini, kapasitas hotel yang tersedia di Lombok hanya mampu menampung 16 ribu orang. Angka tersebut jauh di bawah jumlah tiket yang dijual yakni mencapai 63 ribu.

Kendati demikian, dengan beragam alternatif penginapan yang dimunculkan, Febry meyakini persoalan penginapan akan bisa teratasi.

"Kami yakin masalah hunian akan teratasi mengingat kerja sama antara pemerintah pusat, BUMN dan pemerintah provinsi selama ini sudah berjalan dengan sangat baik sesuai arahan Presiden Joko Widodo," tandasnya. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT