17 January 2022, 15:50 WIB

Media Indonesia Raih Baznas Award Kategori Media Pendukung Gerakan Zakat Indonesia


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

MI/Ferdian Ananda Majni
 MI/Ferdian Ananda Majni
Media Indonesia meraih Baznas Award.

BADAN Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) menggelar Baznas Award dalam rangka HUT Baznas ke-21 dengan mengusung tema "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Ummat" di Golden Ballroom, The Sultan Hotel & Residence, Senin (17/1).

Sejumlah penghargaan diserahkan Baznas RI kepada sejumlah stakeholder dan pihak yang dinilai berperan penting dalam pengelolaan zakat, infak dan sedekah di Tanah Air. Salah satunya Media Indonesia sebagai media pendukung kebangkitan zakat.

Ketua Baznas Prof Noor Achmad menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyejahterakan umat melalui khususnya terima kasih kepada media yang sudah menggelorakan gerakan zakat di Indonesia.

"Media adalah pilar penting gerakan zakat di Tanah Air. Karena itu Baznas akan terus menjalin kerja sama dengan media," katanya.

Menurutnya, Baznas Award kali ini diberikan kepada 300 tokoh dan lembaga, dengan 184 pemenang. Peningkatan penghargaan yang diberikan dari tahun sebelumnya menjadi tonggak besar akan kepedulian terhadap Baznas.

"Ini menjadi kebanggaan kami semua, karena yang perlu kami berikan penghargaan tahun ini meningkat tajam. Ini kehebatan bapak-bapak gubernur, bupati/walikota yang mendukung Baznas," sebutnya.

Baznas juga akan terus berpegang pada arahan Presiden Jokowi agar mampu memperkuat diri untuk memperoleh kepercayaan masyarakat, secara transparan, akuntabilitas, modern, dengan inovasi dan digitalisasi.

"Agar dalam pengelolaan zakat tepat sasaran, berkelanjutan maka kami telah menetapkan visi misi rensa 5 tahunan, program kerja tahunan dan arsitektur zakat Nasional sampai 2045," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Media Indonesia yang hadir menerima penghargaan, Ade Alawi menyebut bahwa salah satu poin yang menjadi tanggung jawab Media dalam keikutsertaan dalam kampanye kewajiban zakat.

"Zakat tidak hanya bernilai pahala, tetapi juga bernilai sosial dimana bisa mensejahterakan masyarakat. Jadi menunaikan zakat tidak hanya dalam sifat lahiriah, juga bersifat sosial sehingga menciptakan masyarakat sejahtera, adil dan makmur," tuturnya.

Ade juga mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada Media. Sehingga upaya ini membuktikan apa yang dilakukan Media telah berada di jalan yang benar, dimana peran media menginformasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Kita hadir memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa zakat tidak hanya kewajiban tetapi bagian gaya hidup, sehingga upaya ini yang akan terus kami sebarluaskan kepada masyarakat luas, betul- betul tujuan zakat bisa menciptakan masyarakat yang sejahtera dalam mendukung ketahanan nasional," pungkasnya.

Berikut ini para penerima penghargaan kategori Media Pendukung Gerakan Zakat Indonesia:

Televisi
Kompas TV, Metro TV, TV One, TVRI

Media Cetak
Republika, Media Indonesia, Bisnis Indonesia

Radio
RRI, MNC TRIJAYA

Media Online
Detik.com, Tribunnews.com, TEMPO.CO, Kumparan, Liputan 6. (Fer/H-2)

 

BERITA TERKAIT