10 January 2022, 21:26 WIB

Cara Registrasi Akun LTMPT untuk Siswa Peserta SNMPTN


Faustinus Nua | Humaniora

ANTARA/Maulana Surya
 ANTARA/Maulana Surya
Calon mahasiswa mengakses informasi hasil SBMPTN 2021 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin (14/6/2021)

LEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi hari ini, Senin (10/1) resmi membuka registrasi akun bagi siswa peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Registrasi akun dapat dilakukan mulai pukul 15.00 WIB hingga pada tanggal 12 Februari 2022 nanti.

"Untuk siswa sudah bisa melakukan pembuatan akun LTMPT mulai hari ini tanggal 10 Januari pada jam 15.00," ujar Ketua LTMPT, Mochamad Ashari dalam Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB, Senin (10/1).

Baca juga: PP 1/2022 Memperkuat Peraturan Teknis Soal Cagar Budaya 

Baca juga: Vaksinasi Saja Tidak Cukup Tangkal Omikron, Perlu Disiplin Prokes

Dia mengatakan bahwa registrasi akun LTMPT untuk sekolah sudah dimulai sejak tanggal 4 Januari 2022. Dan para siswa kelas 12 SMA sederajat juga wajib memiliki akun LTMPT, lantaran sekolah akan mengunggah data seluruh siswa eligible dalam SNMPTN tahun ini. "Kalau memang niat ikut seleksi PTN wajib membuka akun di LTMPT," imbuhnya.

Ashari menjelaskan bahwa sekolah akan menentukan siswa eligible lewat pemeringkatan akreditasi sekolah. Untuk sekolah dengan akreditasi A akan mendapat kuota 40% siswa, akreditasi B 25% dan akreditasi C dengan kuota 5% siswanya.

Selain itu, akun LTMPT juga masih bisa digunakan siswa untuk ikut UTBK-SBMPTN bila tidak lolos SNMPTN. Lantas, para siswa peserta wajib membuat akun dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Berikut cara daftar atau registrasi akun LTMPT bagi siswa;

1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id

2. Pilih menu 'Siswa'

3. Masukkan NISN, NPSN dan tanggal lahir

4. Masukkan e-mail aktif dan password

5. Kemudian klik tombol daftar, akan muncul notifikasi akun

6. Buka inbox/spam e-mail dan lakukan aktivasi akun

7. Setelah aktif, lakukan login ke halaman https://portal.ltmpt.ac.id

8. Apabila berhasil, akan muncul notifikasi aktivitasi akun LTMPT sudah berhasil. (H-3)

BERITA TERKAIT