10 January 2022, 17:12 WIB

Rektor USU: Jokowi Bangun Sinergi Kuat Wujudkan Indonesia Emas 2045


Widhoroso | Humaniora

DOK MI
 DOK MI
Rektor USU Muryanto Amin

PEMERINTAHAN Presiden Joko Widodo dinilai telah menerapkan sinergi yang apik untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Hal itu terlihat dengan menciptakan kolaborasi antarstakeholder.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin seusai konferensi Indonesia Emas di Auditorium USU, Minggu (9/1). Konfrensi yang diadakan Pemerintahan Mahasiswa USU itu mengangkat tema 'Grand Design Menuju Indonesia 2045: Mengulas Visi Indonesia Maju Presiden Jokowi'. "Visi ini sudah dicanangkan dengan menciptakan ekosistem serta keterkaitan berbagai pihak,” ujar Muryanto.

Muryanto menambahkan, visi Indonesia Emas 2045 tidak bisa terlaksana tanpa sinergi dari berbagai pihak. Menurutnya, sebelum menyongsong Indonesia Emas 2045, pemerintah dan masyarakat harus memiliki visi yang sama terlebih dahulu.

"Jadi visi Indonesia maju untuk Indonesia emas 2045 itu perlu sinergi antara pemerintah, masyarakat, dunia pendidikan, dan industri harus bisa dalam sebuah forum tertentu dan skema tertentu. Harus bisa berkolaborasi satu sama lain,” terang Muryanto.

Muryanto optimistis, dengen keterkaitan satu pihak dengan pihak yang lain akan mampu merealisasikan visi Indonesia Emas 2045. Dengan sinergi satu sama lain juga akan menjadi keuntungan untuk masyarakat. "Kolaborasi untuk saling memberikan manfaat dan menerima sama yang namanya win-win solution,” kata Muryanto. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT