03 January 2022, 15:05 WIB

Menkes Jabarkan Kesiapan Pemerintah Hadapi Omikron


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA
 ANTARA
Petugas RSUD Bung Karno, Solo, Jawa Tengah memeriksa tabung pengisian oksigen, Sabtu (18/12/2021). 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjabarkan kesiapan pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran omikron secara luas di Tanah Air.

Saat ini, jumlah ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di seluruh Indonesia mencapai 400 ribu unit. Sebanyak 30% dari jumlah tersebut atau sekitar 120 ribu disiapkan untuk pasien covid-19.

"Sekarang yang terisi sekitar 2.500 tempat tidur. Jadi masih ada ruang sekitar 117 ribu yang memang kita sudah alokasikan," ujar Budi usai mengikuti rapat terbatas terkait evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/1).

Selain menyiapkan tempat tidur, pemerintah juga telah menambah stok oksigen di banyak fasilitas kesehatan. Sedianya, secara rata-rata, kebutuhan oksigen di Indonesia dalam kondisi normal hanya 700 ton per hari. Namun, ketika puncak penularan covid-19 terjadi pada pertengahan tahun lalu, kebutuhan melonjak hingga 2.200 ton per hari.

"Dari pengalaman itu kita belajar. Sekarang kita siapkan 16 ribu oksigen konsentrator yang sudah kita kirim ke berbagai rumah sakit di Indonesia. Kita juga sedang memasang 31 oksigen generator di sejumlah fasilitas kesehatan. Itu adalah oksigen yang besar. Setiap unitnya bisa menyuplai kebutuhan untuk satu rumah sakit," terang mantan direktur utama Inalum itu.

Satu hal lain yang juga sudah disiapkan adalah obat. Pemerintah sudah mendatangkan molnupiravir, obat yang terbukti mampu mengurangi gejala yang dialami pasien covid-19.

"Obat ini kita simpan dulu. Kalo nanti ada apa-apa, kita sudah siap karena ini terbukti bisa mengurangi jumlah pasien yang masuk ke rumah sakit," tandas Menkes. (P-2)

BERITA TERKAIT