30 December 2021, 21:33 WIB

Mensos Risma Pastikan Orangtua Penderita Hidrosefalus di Purwakarta Dapat Bansos


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

MI/MUHAMMAD FARHAN ZHUHRI
 MI/MUHAMMAD FARHAN ZHUHRI
Mensos Tri Rismaharini (kanan) akan memastkan orangtua balita hidrosefalus di Purwakarta dapat bansos. 

MENTERI Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan orangtua dari Bayu Ardiansah anak penderita hidrosefalus yang tinggal di Kampung Nanggleng, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta mendapatkan bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH).

"Kalau itu gampang, itu gampang saya bisa bantu (dapat bansos)," kata Risma, saat diwawancarai usai mengunjungi Bayu Ardiansah, di Purwakarta, Kamis (30/12).

Lebih lanjut, Risma menjelaskan kondisi Bayu saat ini sangat memerlukan penanganan medis. Sebab, Bayu hanya bisa mengonsumi bubur bayi sehingga asupan gizi kurang.

"Adik Bayu memang harus kita bantu, saya berharap dengan kita bisa cepat nangani Insyallah kita bisa menolong Bayu lebih cepat, karena kecepatan itu dibutuhkan untuk menangani dia tidak semakin parah," ucapnya.

Baca juga: Kemensos Percepat Penanganan Anak Penderita Hidrosefalus di Purwakarta

Penanganan medis yang akan diberikan berupa terapi, baik terapi wicara hingga terapi motorik. Agar bayu bisa mengkonsumi makanan selain bubur bayi.

Tidak hanya itu, Risma juga menyalurkan bantuan melalui Balai Tan Miyat berupa bantuan kewirausahaan sebesar Rp7.000.000 dan dari Balai Budi Dharma Rp16.000.000.

Bantuan dari Balai Budi Dharma berupa popok sekali pakai (pospak) sebanyak 16 pak, susu 16 kotak; minyak kayu putih 120 mL sebanyak 3 botol; bubur beras merah sebanyak 11 renceng (132 sachet); 2 botol susu; sabun mandi bayi 2 buah; tisu kering 2 buah; tisu basah 4 pack; pakaian singlet anak 2 lusin; pakaian kemeja anak satu lusin; celana panjang satu lusin; setelan baju tidur selusin; uang tunai Rp 2.500.000; paket wirausaha; paket nutrisi untuk nenek dan kakek 2 paket; handuk  2 buah; mainan anak 2 buah; parsel buah 1  buah dan etalase untuk jualan. (A-2)

BERITA TERKAIT