30 December 2021, 20:02 WIB

Masterpiece Auction House Kembali Gelar Lelang Lukisan Daring


Abdillah M Marzuqi | Humaniora

Abdillah M Marzuqi
 Abdillah M Marzuqi
Salah satu lukisan yang akan dilelang

MASTERPIECE Auction House kembali menggelar acara lelang lukisan secara daring. Lelang kali ini diadakan pada 15 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022. “Pada lelang ini kami memiliki total 74 karya seni, diantaranya ada 72 lukisan dan 2 buah patung karya dari Edhi Sunarso. 72 lukisan membawa nama nama maestro dari Affandi, Sudjana Kerton, Hendra Gunawan, Popo Iskandar, Srihadi Soedarsono dan masih banyak lagi yang lainnya,” ujar Direktur Masterpiece Auction House Kevin.

Masterpiece Auction juga memastikan karya-karya yang dilelang adalah karya asli. Karena sudah melewati pemeriksaan yang ketat oleh kurator profesional. “Tentu kami mendapatkan karya-karya tersebut dari para kolektor yang bersedia untuk mengikuti lelang dan sudah melewati tahap seleksi yang ketat dari kurator profesional,” lanjut Kevin.

Salah satu yang dilelang adalah lukisan dari maestro Affandi yang berjudul Bridge Under The Bamboo Trees (1972). Lukisan berukuran 100cm x 145,5cm itu menggambarkan hutan bambu dengan gaya khas Affandi.

Lukisan itu juga lebih besar dari kebanyakan karya Affandi. Ada juga karya Hendra Gunawan yang berjudul The Big Tree. Lukisan itu dibuat pada 1969. Lukisan berukuran148cm x 47cm itu menggambarkan suasana kerakyatan dengan gaya khas Hendra Gunawan.

Masih ada 2 patung karya Edhi Sunarso. Edhi Sunarso merupakan pematung yang dipilih Bung Karno untuk membuat monumen di Indonesia. Beberapa karyanya adalah Monumen Selamat Datang, Monumen Pembebasan Irian Barat, Tugu Muda di Semarang, dan Monumen Yos Sudarso di Papua.

Lelang daring itu diadakan di laman resmi Masterpiece Auction House Karya yang dilelang juga bisa dilihat langsung di galeri Masterpiece Auction House Tanah bang, Jakarta. (OL-8)

BERITA TERKAIT