27 December 2021, 19:48 WIB

Untar Sosialisasikan Penggunaan Komposit Serat Alam


Widhoroso | Humaniora

DOK Untar
 DOK Untar
Sosialisasi dan pengenalan penggunaan komposit serat alam oleh tim PKM Untar di Bangka Belitung.

UNIVERSITAS Tarumanagara (Untar) menggelar sosialisasi dan pengenalan penggunaan komposit serat alam untuk menghasilkan berbagai produk yang ramah lingkungan. Pengenalan ini dilaksanakan di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, pekan lalu dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Untar.

"Untar berhasil mengembangkan berbagai produk alternatif dengan menggunakan bahan komposit serat alam. Produk-produk seperti soket kaki palsu dengan menggunakan serat rotan, bambu, dan rami, berhasil diproduksi dan digunakan oleh pasien," jelas Rektor Untar yang sekaligus Ketua Tim Peneliti, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dalam keterangan yang diterima, Senin (27/12).

Dijelaskan, tim peneliti Untar juga berhasil mengembangkan produk komponen otomotif seperti spoiler mobil dan bumper mobil dengan menggunakan komposit serat rotan dan bambu. Teknologi tepat guna untuk mengembangkan produk ini, telah dipatenkan dan didaftarkan hak ciptanya ke Ditjen HKI.

Lebih jauh, sosialisasi dilakukan Untar di SMK Negeri 2, Belitung. Selain Rektor, Tim PKM Untar yang melakukan sosialisasi adalah Bagus Mulyawan, S.Kom., M.M. dan Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk memperkenalkan teknologi tepat guna kepada guru dan siswa, sehingga mereka dapat memahami bagaimana memanfaatkan bahan komposit serat alam Indonesia untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Agustinus.

Ia menambahkan bahwa Indonesia mempunya potensi serat alam yang sangat berlimpah dan beragam. "Potensinya sangat besar untuk dikembangkan menjadi green product, dapat di daur ulang, dapat diperbaharui dan dapat meningkatkan nilai tambah produk lokal Indonesia," jelasnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Belitung, Suwandi, S.Pd., mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim PKM Untar yang telah memberikan berbagai pengetahuan baru terkait dengan pemanfaatan komposit serat alam untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan.  "Kami berharap dapat terus menjalin Kerjasama antara Untar dan SMK Negeri 2 Belitung," katanya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie sangat mengapresiasi kehadiran Tim PKM Untar ke Belitung. "Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Pemda Kabupaten Belitung dengan Untar. Belitung sangat terbantukan dengan kehadiran Untar," ujar Isyak Meirobie. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT