27 December 2021, 15:00 WIB

Lembaga Vokasi IDeA Indonesia Akademi Bidik Siswa di Jawa Timur


Adiyanto | Humaniora

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
 ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Salah satu SMK di Surabaya Jawa Timur

PERUSAHAAN  penyedia jasa pendidikan vokasi bidang perhotelan, kuliner, pastry – bakery, pariwisata dan ekonomi kreatif, PT. IDeA Indonesia Akademi Tbk (IDEA) mulai berekspansi secara asset light strategy. Langkah yang ditempuh adalah dengan menggandeng hotel-hotel berbintang untuk dijadikan Kantor cabang sekaligus Teaching Factory dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.

Dengan menyelenggarakan sistem pelatihan yang bertempat langsung di industri komersial seperti ini, memungkinkan peserta melihat, terlibat, merasakan dan langsung dapat mengambil peran dalam operasional sehari – hari perusahaan/industri. Mereka terbiasa menggunakan fasilitas berstandard industri, dibimbing oleh praktisi industry, dan langsung berkomunikasi dengan konsumen.

Hotel Garden Palace, hotel bintang 4 dengan kapasitas 370 kamar di tengah Kota Surabaya, Jawa Timur dipilih untuk mengawali rencana ekspansi IDEA di 20 Kota di Indonesia. President Director PT IDeA Indonesia Akademi Tbk, Eko Desriyanto menjelaskan Hotel Garden Palace Surabaya dipilih karena memenuhi syarat untuk dijadikan cabang IDeA Indonesia setelah melalui proses assessment dalam beberapa bulan terakhir. “Dari assessment yang kami lakukan, Hotel Garden Palace memenuhi sebagian besar kriteria sebagai kantor cabang sekaligus teaching factory IDeA Indonesia”, terang Eko, seperti dilansir Antara, Senin (27/12).

Sementara, Jawa Timur dipilih sebagai lokasi ekspansi IDEA karena provinsi ini memiliki jumlah SMA dan SMK terbanyak kedua nasional setelah Jawa Barat, yang merupakan target potensial untuk mengikuti pelatihan di IDeA Indonesia Akademi. Eko menambahkan, Surabaya juga dipilih karena memiliki City Branding yang kuat sebagai kota pendidikan dan budaya, sekaligus menjadi connecting city untuk target market dari wilayah Timur Indonesia.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Mudiyanto menyambut baik dan mendukung ekspansi IDeA Indonesia Akademi di wilayah kerjanya. “Sistem pelatihan berbasis Teaching Factory yang diusung oleh IDeA Indonesia Akademi sangat sesuai dengan semangat peningkatan lulusan pendidikan vokasi agar siap kerja dan turut mengurangi pengangguran terbuka di Jawa Timur”, ungkapnya. (Ant/M-4)

 

BERITA TERKAIT