25 December 2021, 15:01 WIB

Dosen Universitas Pancasila Dukung Pengembangan Energi Terbarukan Biomassa


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Pancasila dengan melatih warga membuat limbah untuk energi biomassa.  

INDONESIA terus mengembangkan energi alternatif dalam rangka menjamin ketersediaan energi akibat kebutuhan energi yang terus meningkat.

Salah satu sumber yang dapat menjadi sumber energi baru terbarukan adalah biomassa. Biomassa merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah namun belum termanfaatkan secara optimal.

Penggunaan biomassa sebagai bahan baku untuk proses produksi diharapkan dapat menekan biaya produksi dan mengurangi efek negatif dari penumpukan limbah terhadap lingkungan.

Salah satu produk biomassa adalah biopelet. Bahan penyusun organik dari biopelet adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang dapat ditemukan dalam bagian-bagian tumbuhan.

Beberapa limbah yang dapat digunakan sebagai dalam produksi biopelet antara lain, sekam padi, serbuk gergaji dan limbah kelapa muda. 

Limba-limbah sekam padi, serbuk gergaji dan limbah kelapa muda sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar masyarakat.

"Akan tetapi, keterbatasan pengetahuan masyarakat dalam mengelola limbah tersebut menjadi salah satu permasalahan tersendiri,"  Dr. Dino Rimantho, ST., MT, Ketua Tim Kegiatan Pengabidan Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pancasila (UP) dalam keterangan pers, Sabtu (25/12).  

Sehingga, menurut Dino, perlu adanya peran dari perguruan tinggi melalui program pengabdian masyarakat untuk memberdayakan masyarakat

Terkait PKM Universitas Pancasika, Dino menjelaskan PKM merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dosen UP sebagai kewajiban dalam pelaksanaan Tridharma Perguruaan Tinggi.

"Kegiatan ini melibatkan dua program studi, yaitu Program Studi Teknik Industri dan Program Studi Teknik Elektro," tuturnya. 

Dino menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini adalah masyarakat di Kampung Kramat RT.01/04 Desa Pabuaran, Kecamatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat memanfaatkan limbah yang  tersedia di sekitar lingkungan mereka untuk diproduksi menjadi biopelet yang memiliki nilai jual. 

Dalam melaksanakan PKM, PU mendapat pendadanaan dari hibah, Ditken Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek untuk kegiatan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta. (RO/OL-09)


 

BERITA TERKAIT