24 December 2021, 00:39 WIB

Pendidikan Anak Dimulai Dari Keluarga


Widhoroso | Humaniora

DOK/SDIT IMU
 DOK/SDIT IMU
Acara bedah buku 'Panduan Mendidik Anak' karya Syaikh Abdussalam As Sulaiman di SDIT Insan Madani Utama.

PENDIDIKAN yang baik merupakan hal penting yang harus didapat anak-anak. Sebuah keluarga merupakan 'sekolah' pertama bagi anak-anak untuk mendapatkan pelajaran.

Hal itu terungkap dalam acara bedah buku 'Panduan Mendidik Anak' karya Syaikh Abdussalam As Sulaiman yang digelar Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Utama (SDIT IMU), Kamis (23/12). Agung Supriyanto yang hadir sebagai pembicara menuturkan bahwa Islam sangat memperhatikan pendidikan untuk anak. Bahkan, disampaikannya justru keluargalah yang menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

"Bukan hanya dari usia sekolah, panduan mendidik anak dalam Islam bahkan diajarkan dimulai jauh hari sebelum anak tersebut dilahirkan. Kita harus memandang bahwa anak adalah amanat dari Allah yang harus dijaga, bahkan sebenarnya mereka merupakan aset yang paling berharga bagi orang tua. Tidak cukup sampai disini, anak juga merupakan investasi yang bisa menguntungkan orang tua, baik di dunia maupun di akhirat," jelas gelar doktor ekonomi syari'ah yang juga Ketua Yayasan Insan Madani Utama.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SDIT IMU, Siti Sugiarti menyatakan ketercapaian atau kesuksesan yang diraih oleh para siswa bukan hanya karena peran sekolah. Tetapi menurutnya orang tua juga sangat berperan.

"Apalagi di tengah suasana pandemi seperti ini, dimana waktu anak belajar di sekolah belum bisa full sebagaimana biasanya. Nah, disini dibutuhkan kerja sama yang optimal antara guru dan orangtua untuk mendampingi siswa, terutama dala mmendukung tercapainya pendidikan karakter," tuturnya.

Disampaikannya juga, SDIT IMU akan terus berusaha untuk terus memfasilitasi kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh masing-masing siswanya. "Kita ingin, anak-anak yang sekolah disini bisa sukses secara akademik, sukses secara emosional, dan sukses juga dalam hal spiritual. Menjadi anak yang cerdas serta soleh sekaligus. Semua ini tentu perlu kerja sama yang apik antara guru dan orang tua," ujarnya seraya menambahkan kegiatan bedah buku yang bertema parenting ini rencananya akan dilaksanakan secara berkala. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT