23 December 2021, 23:58 WIB

Ultra8 Bikin Iklan Layanan Masyarakat Ajak Perkuat Protokol Kesehatan


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Ultra8
 Dok. Ultra8
Cuplikan Iklan Layanan Masyarakat bertajuk#Mulaidarikamu

IKLAN Layanan Masyarakat, atau sering disebut Public Service Announcement (PSA) adalah sebuah klip informatif singkat yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian public terhadap suatu isu penting. Sebuah tayangan PSA dapat diproduksi dengan format klip video/audio yang berupa lagu (jingle), wawancara, animasi, dan konten dengan bentuk-bentuk lainnya. 

Lalu, apa yang membuat sebuah PSA menjadi efektif dan dapat memancing dampak yang positif di tengah masyarakat?

Mengutip sebuah artikel yang dirilis oleh PennState University, sebuah PSA yang efektif harus memenuhi empat hal utama agar pesannya dapat tersampaikan dengan baik. Pertama, tayangan tersebut harus menarik perhatian masyarakat luas. Kedua, pesannya jelas dan mudah untuk dimengerti. Ketiga, pesannya didukung fakta yang akurat tentang isu yang ingin disampaikan. Keempat, audiens harus dapat bersimpati dengan yang terdampak isu atau keadaan tersebut

Dari referensi itu, Ultra8, sebuah perusahaan komunikasi kreatif di bawah grup Ultima Asia Network mencoba untuk berkreasi dan memproduksi sebuah PSA dengan format video jingle yang mengkomunikasikan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap aksi mencegah penularan virus Covid-19, terutama dengan adanya varian Covid-19 Omikron yang melanda dunia, termasuk Indonesia

Sebuah jingle yang berjudul #MulaiDariKamu resmi diluncurkan untuk semakin memperkuat kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin dan senantiasa memakai masker di setiap aktivitas.

Baca juga : Pemerintah Perbaharui SKB Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

CEO Ultima Asia Network William Wijanarko mengatakan, jingle #MulaiDariKamu dibuat dengan nuansa dan elemen yang fun serta pesan konsisten dan mudah dimengerti oleh masyarakat luas di berbagai lapisan. 

"Nuansa musik yang kami ambil berasal dari lagu Menanam Jagung yang tentunya sudah familiar di telinga publik dari berbagai usia," ujarnya. 

Dengan diluncurkannya jingle, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk segera mendapatkan dosis vaksin lengkap, memakai masker di segala kegiatan, dan selalu mencari informasi tentang perkembangan pandemi Covid-19 dari sumber-sumber yang dapat dipercaya guna menangkal hoaks. 

"Jingle #MulaiDariKamu diharapkan dapat ikut mendukung program-program yang telah diluncurkan pemerintah dan usaha kita semua mencegah peningkatan angka penularan virus ini di masa yang akan datang," imbuh William. 

Jingle #MulaiDariKamu berdurasi 60 detik dan mulai ditayangkan di stasiun-stasiun TV nasional, kanal media sosial, dan stasiun-stasiun radio. Jingle ini juga dapat disimak dalam kanal YouTube Kemkominfo TV https://www.youtube.com/watch?v=Ebn8Ka94Vsk. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT