23 December 2021, 18:47 WIB

Sandiaga Dukung Ponpes Milik Ma'ruf Amin Jadi Destinasi Wisata


Insi Nantika Jelita | Humaniora

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri acara 'Santri Digitalpreneur Indonesia' di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, Sabtu (4/12).

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku mendukung pengembangan pondok pesantren (ponpes) An-Nawawi Tanara, Banten, sebagai destinasi wisata yang unggul guna membuka peluang usaha.

Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara didirikan oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin pada 2001. 

Ma'ruf Amin diketahui merupakan keturunan dari Syekh Nawawi Al Bantani, seorang ulama besar yang pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram, Mekkah

“Saya melihat ada hubungan dengan program yang kami lakukan di Kemenparekraf, yaitu pariwisata halal

dan juga program Santri Digitalpreneur yang bisa digabungkan dengan Simac (Santri Milenial Center)," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (23/12).

Di masa pandemi, pelaku usaha pariwisata diminta inovatif dan adaptif dalam menangkap peluang usaha yang ada, termasuk di lingkungan pesantren.

Selain menggali ilmu agama, pondok pesantren tersebut diinginkan agar berkembang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pembina Pondok Pesantren An Nawawi Tanara Gus Syauqi berharap Menparekraf bisa mengawal dan mendampingi para santri agar dapat terus bergerak maju dalam meningkatkan ekonomi dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Karena kita butuh banyak dukungan, dorongan, termasuk fasilitas-fasilitas yang bukan hanya output, tapi juga menjadi outcome buat pesantren. Dan ternyata banyak sekali program Kemenparekraf yang bisa kita sinergikan," ucapnya. (Ins/OL-09)

BERITA TERKAIT