21 December 2021, 23:21 WIB

Wartawan Profesional Cerdaskan Bangsa


Indriyani Astuti | Humaniora

MI
 MI
Peserta Uji Kompetensi Wartawan Media Indonesia melakukan sesi foto di Ruang Rapat Besar Media Indonesia, Jakarta, Selasa (21/12).

UJI Kompetensi Wartawan (UKW) Media Indonesia berlangsung lancar hingga hari terakhir pada Selasa (21/12). Sebanyak 20 peserta telah mengikuti rangkaian acara sejak Senin (20/12).

Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius Suhardi berharap mereka yang mengikuti UKW menjadi wartawan yang cerdas sesuai dengan tema yang diangkat di acara tersebut, yakni Wartawan, Profesionalisme, dan Pencerdasan Bangsa.

Menurut Gaudensius, wartawan sudah seharusnya cerdas dalam mencari dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. "Hanya wartawan cerdas yang bisa mencerdaskan bangsa," kata Gaudensius saat menutup UKW yang berlangsung di Kantor Media Indonesia, Jakarta.

Gaudensius menambahkan seorang wartawan yang dinyatakan kompeten harus mampu menjaga nama baik profesi serta bekerja sesuai kode etik yang berlaku. "Kompetensi ini justru mempertebal tanggung jawab kita sebagai wartawan," ujarnya.

Lebih lanjut, sertifikat kompetensi yang nantinya didapat para peserta UKW serupa izin bagi wartawan untuk melaksanakan kerja jurnalistik. Sertifikat itu menjadi bukti bahwa wartawan telah berkompeten untuk meliput.

Baca juga: Kode Etik Jurnalistik Pelindung Wartawan

"Ada cita-cita besar agar wartawan Indonesia merupakan orang yang berkompeten," ujarnya.

Perwakilan Lembaga Pers Dr Soetomo Ari Wibowo menyampaikan juga pentingnya sertifikasi dalam menjalankan kerja jurnalistik nantinya. Bahkan sejumlah daerah telah mensyaratkan sertifikat UKW untuk meliput di lingkungan pemerintah.

"Jadi ini penting untuk melancarkan kerja-kerja kita sebagai wartawan," ungkapnya.

Perwakilan peserta UKW Dero Iqbal Mahendra mengatakan sertifikasi kompetensi ibarat surat izin mengemudi ketika menjalankan kerja-kerja jurnalisme. Sertifikasi wartawan, imbuh dia, sekaligus memberi perlindungan bagi profesi wartawan. (R-3)

BERITA TERKAIT