19 December 2021, 19:36 WIB

Koprodi Unpam Dr.Sarwani Dorong Mahasiswa Pasca Sarjana Laksanakan Pengabdian pada Masyarakat


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari mahasiswa Program Pascasarjana Prodi Magister Manajemen Unpam di Kota Cirebon, Jawa Barat.    

MAHASISWA Pasca Sarjana Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan Program Pengabidan Kepada Masyarakat PKM). Salah satu programnya adalah mahasiswa melakukan program kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan pada Minggu (19/12).

PKM adalah sebuah wadah atau ajang bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensi yang dimiliki selama perkuliahan untuk diberikan kepada masyarakat luas. Tujuan lain PKM, agar mahasiswa yang kelak  menjadi anggota masyarakat akan memiliki kemampuan akademis dan profesional.

Selain itu, para mahasiswa juga dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan senibudaya yang dimiiliki untuk memperkaya budaya nasional,

PKM juga dikembangkan untuk mengantarkan para mahasiswa mencapai taraf pencerahan dalam mewujudkan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab.

Para mahasiswa ditanamkan agar dapat membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Koordinaor Program Studi (Koprodi) sekaligus Penanggung Jawab pelaksana kegiatan Magister Manajemen Dr.Ir. H. Sarwani, bersama para dosen telah turut pula mendampingi dan mendukung para mahasiswa agar terlaksana kegiatan PKM.

Tujuan program guna mendukung kinerja pemerintah atau swasta dalam program PKM dengan tema "Strategi Peningkatan Penjualan Produk Furniture Hasil Hutan Komunitas UKM Melalui Digital Marketing di Kota Cirebon Jawa Barat".

Dilaksanakan di Hotel Santika Kota Cirebon.

Koordinator Dosen pendamping Mahasiswa Dr. Yayan Sudaryana, menjelaskan bahwa program Pengabdian Kepada Masyarakat dari mahasiswa program pascasaraja ini terlaksana atas dasar kerja sama antara Unpam dan KLHK.

"Perjanjian ini dilakukan dengan kerja sama antara Program Studi Megister Manajemen, Universitas Pamulang dan Direktorat Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Yang tertuang dalam Nomor : PKS.34/PPHH/SPHH /HPL.11/2021," jelas Yayan.

Tujuan dari kerja sama dalam kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk meningkatkan pemberdayaan sumber daya manusia melalui Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Tri Darma perguruan tinggi yang meliputi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan para dosen mendampingi pada mahasiswa," kata Yayan.

Dalam pelaksanaan materi PKM, para mahasiswa diminta untuk turut meningkatkan kapabilitas sektor UMKM pengrajin kayu di Cirebon, Jawa Barat.

Selain itu, mahasiswa telah turut membantu dalam mensejahterakan masyarakat serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat di Kota Cirebon.

"Dari materi yang dipaparkan dari KLHK sebagaimana oleh Bapak Agus Rahmat sebagai analis data dan berharap apa yang dilakukan mahasiswa berguna bagi masyarakat terutama para pelaku UMKM di Cirebon ," ujar Yayan kepada para mahasiswa Unpam.

Ketua perwakilan dari mahasiswa Unpam, Yoga Prayoga, menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan program kegiatan Unpam dan kerja sama dengan KLHK dalam memfasilitasi biaya perolehan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) bagi pelaku UMKM.

"PKM ini bertujuan untuk diimplementasi dalam kerja sama melalui UMKN dalam bentuk pemberian pelatihan dan pendampingan, promosi produk dipasar lokal , nasional maupun internasional," ujar Yoga.

Materi terkait pengembangan UMKM disampaikan narasumber Roy Watiko, Yoga, Dimas, Lenny, dan Yogi terkait bidang manajemen SDM dan pemasaran.  

Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa Unpam selaras dengan program pemerintah pada Nawacita untuk mewujudkan SDM yang unggul terutama bagi UMKM dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk secara digital melalui pasar lokal, nasional, dan internasional.

Sebanyak 30 orang perwakilan dari para pelaku peserta UMKM subsektor pengrajin kayu di Kabupaten Cirebon ikut hadir dalam pelaksanaan PKM yang menjadi program kegiatan Unpam dan KLHK di Hotel Santika. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT