14 December 2021, 22:49 WIB

Lestarikan Budaya dan Kesenian, Universitas Prasetiya Mulya Gelar "Ragam" 


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Universtas Praseiya Mulya
 Dok. Universtas Praseiya Mulya
Kampus Universitas Prasetiya Mulya

KERAGAMAN telah menjadi bagian dari Indonesia, salah satunya terlihat dari seni dan budaya yang ada. Dengan lebih dari 1.300 suku di dalamnya, Indonesia dinilai kaya akan budaya. Upaya melestarikan budaya itu dilakukan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya melalui kegiatan seni dan budaya yang dinamakan “Ragam”. 

Kegiatan yang diinisiasi Divisi Pengembangan Karakter Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya itu mengangkat kesenian kesusastraan dengan judul acara Prasmul Punya Kata, yang membawa pesan nilai nondiskriminasi. 

“RAGAM merupakan event pertama di Universitas Prasetiya Mulya yang mengajak seluruh civitas Universitas Prasetiya Mulya tidak hanya mahasiswa, faculty member, dan staf, tetapi juga alumni, sehingga diharapkan gaungnya bisa memberikan dampak yang baik.” ujar Antonius Puspo Kuntjoro  ketua pelaksana RAGAM 2021 dan Kepala UPT Pengembangan Karakter Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya. 

Dalam pelaksanaannya, Ragam telah melaksanakan kegiatan lokakarya kesusastraan diantaranya adalah Lokakarya Menulis Pidato, Lokakarya Menulis Cerpen, dan Lokakarya Menulis Puisi. Lokakarya Menulis Pidato dilakukan sebagai pembuka rangkaian pada kegiatan Ragam. Lokakarya ini bekerja sama dengan Teater dan diadakan 6-7 November 2021. 

Baca juga : Kemendikbudristek : Animo Tingkatkan D3 Jadi Sarjana Terapan Tinggi 

Selanjutnya rangkaian kegiatan kedua adalah Lokakarya Menulis Cerpen pada Kamis (11/11) Rangkaian lokakarya terakhir adalah Lokakarya Menulis Puisi yang bekerjasama dengan Wahana Kreator Nusantara dan diadakan 12-14 November 2021.   

Puncak acara Ragam diadakan pada Selasa (14/12) yang mengangkat tema “Relevansi dan Pentingnya Sastra Bagi Kaum Muda di Era Digital” dan mengundang Leila Chudori serta Faisal Oddang selaku penulis senior dan penulis muda. 

Pada puncak Ragam juga diumumkan pemenang lomba dari seluruh rangkaian acara yakni Lomba Duet Pantun, Lomba Menulis & Membaca Pidato, Lomba Menulis Cerpen, dan Lomba Menulis Puisi. Selanjutnya sebagai penutup acara, Ragam mengadakan kegiatan nonton bareng yang bekerjasama dengan Kinosaurus dalam penyajian film pendek serta mengundang sutradara film pendek sebagai pengisi acara talkshow tersebut.   

“Harapan dari pelaksanaan acara Ragam ini adalah meningkatkan kesadaran seluruh civitas akademika Universitas Prasetiya Mulya untuk peka terhadap isu sosial serta toleransi terhadap keberagaman yang ada. Ragam 2021: Prasmul Punya Kata memang diselenggarakan untuk mengangkat isu sosial tersebut sehingga pelaksanaannya akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan tema yang berbeda.” imbuh Antonius Puspo Kuntjoro. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT