05 December 2021, 17:30 WIB

Peduli Kebudayaan Nasional, ELEMWE Hadirkan Kombinasi Batik dan Tenun Ikat


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok.ELEMWE
 Dok.ELEMWE
Ilustrasi. Perpaduan batik dengan tenun ikat.

SEBAGAI negara yang memiliki beragam suku, Indonesia sejatinya punya banyak budaya yang mengagumkan. Sayang, tidak sedikit dari kebudayaan itu yang mulai terkikis karena tidak dirawat dilestarikan.

Berangkat dari kesadaran itu, ELEMWE ingin turut melestarikan kebudayaan nasional, salah satunya batik. Karena itu tidak hanya mendesain busana dengan motif Batik Betawi, kini ELEMWE berinovasi dengan memadukan motif batik dan tenun ikat dalam satu busana.

Pandemi covid-19 tak menyurutkan semangat Lily Mariasari dalam menghasilkan karya desain di induatri fesyen Tanah Air.  Semasa pandemi ELEMWE tengah membuka cabang keduanya. Kali ini Lily kembali membuka  store di Galleries Lafayette, Pacific Place.

Baca juga: Mengemas Nostalgia dalam Balutan Retro Batik

"Di sini sekaligus untuk promosi dan launching produk  khusus pria dari ELEMWE yang diberi nama koleksi 'BAIK' yaitu singkatan dari  kombinasi Batik Betawi dan Tenun Ikat," jelas Lily.

Dalam rangka pembukaan store barunya, Lily menghadirkan beragam busana pria seperti Kemeja, Jacket, Outer dan beberapa produk khusus pria yang diciptakan dengan konsep mendukung program Sustainable Fashion, yaitu meminimalkan sampah pola baju.

"Jadi ada produk dengan pola utuh namun ada juga produk ada yang dibuat dengan menggunakan sisa pola  kain dan dikerjakan oleh penjahit binaan, yang memiliki kekurangan (tuna salsa dan tuna wicara) yang pasti nya dengan kualitas yang baik karena sudah melewati kurasi standard produk dari Galleries Lafayette," ungkap Lily.

Motif baru yang dilaunching bersamaan dengan pembukaan store adalah motif Batik Tulis Jendela Jakarta, ternspirasi dari kemajuan kota Jakarta yang semakin modern saat ini, sehingga banyak tempat yang bisa dipromosikan.

Padu padan motif kali ini, Lily banyak menggunakan dominasi warna betrayed hitam dan coklat karena mudah dipadukan dengan Batik dan Ikad. Desain busana yang simple sangat cocok untuk pria namun beberapa busana seperti outer look cocok digunakan wanita. "Khusus Store Galleries Lafayette ini kita khususkan untuk busana pria saja," ujar Lily. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT