05 December 2021, 11:05 WIB

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Kota Jayapura


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

BMKG
 BMKG
WASPADA BENCANA: Sebagian besar wilayah di Indonesia diminta untuk mewaspada potensi bencana hidrometeorologi dan gempa.

BENCANA alam seperti tak henti menerjang, wilayah Indonesia. Sempat dikejutkan dengan peristiwa erupsi Genung Semeru di Jawa Timur, pada Sabtu, (4/12) hari ini Minggu (5/12)  pukul 08.10 peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,3 Magnitudo terjadi di Kota Jayapura, Papua. Guncangan akibat gempa dirasakan warga Kota Jayapura dalam beberapa detik. Namun sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura menginformasikan guncangan dirasakan sedang oleh warganya. Guncangan berlangsung sekitar 2 hingga 3 detik.

"Tidak ada laporan kepanikan warga akibat guncangan gempa pagi tadi. Laporan BPBD setempat, gempa juga tidak memicu terjadinya tsunami," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya Minggu (5/12).

Sementara itu, parameter gempa berada pada 87 km barat laut Jayapura dengan kedalaman 10 km. Berdasarkan analisis dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), kekuatan guncangan di Jayapura pada II – III MMI dan Sentani II MMI. Sedangkan pada analisis inaRISK, Kota Jayapura memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. "Sebanyak 5 kecamatan yang berada pada potensi tersebut, antara lain Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan dan Jayapura Utara," sebutnya.

Menyikapi fenomena gempa tersebut, pihaknya berharap warga setempat tetap waspada dan siaga potensi bahaya yang ditimbulkan. "BNPB mengimbau warga untuk memiliki rencana kesiapsiagaan bencana, seperti mengidentifikasi kondisi bangunan tempat tinggal, rencana evakuasi menuju titik kumpul, kontak darurat atau pun tas siaga bencana," pungkasnya.(H-1)

BERITA TERKAIT