03 December 2021, 16:49 WIB

Jokowi Tegaskan Ikhtiar Wujudkan Indonesia Ramah Disabilitas 


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden joko Widodo melantik komisioner Komisi Nasional Disabilitas

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan pemerintah terus berikhtiar menciptakan kondisi yang ramah bagi penyandang disabilitas se-Tanah Air. Salah satunya melalui pembentukan Komisi Nasional Disabilitas. 

Pesan itu disampaikannya terkait peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 yang jatuh pada hari ini, Jumat (3/12). 

"Dua hari lalu saya melantik keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas di Istana Negara," kata Jokowi melalui unggahannya di instagram @jokowi. 

Presiden pada Rabu (1/12) lalu melantik dan mengambil sumpah jabatan keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas. Ada tujuh komisioner yang dilantik. Pembentukan komisi itu menjadi realisasi amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. 

Baca juga : Presiden Soroti Rendahnya Vaksinasi di 15 Provinsi, Masih di Bawah 60%

Kepala Negara menekankan komitmen pemerintah untuk menghadirkan kesetaraan bagi disabilitas. Dari sisi kebijakan, sejumlah peraturan juga diterbitkan demi menjamin kesempatan yang sama bagi kaum disabilitas di berbagai bidang. 

"Saya juga telah mengeluarkan sejumlah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden yang seluruhnya dalam semangat untuk terus meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas," ucap Jokowi. 

"Semua itu adalah ikhtiar pemerintah demi Indonesia yang ramah terhadap disabilitas," imbuhnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT