01 December 2021, 18:58 WIB

Perusahaan Global Korsel Beri Pelatihan Wirausaha Bagi Milenial di Tanah Air


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
 CEO Meogda, Fajar Gemilang Candra Putra, yang ikut mengikuti kelas memasak K-food tampil di Youtube KT&G SangSang Univ.

KT&G, sebuah perusahaan global, berhasil menggelar '2021 SangSang Festa', sebuah festival yang diikuti mahasiswa dalam naungan KT&G SangSang Univ, komunitas mahasiswa yang dibentuk KT&G di Indonesia pada 2015. 

Dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19, acara ini berlangsung secara virtual lewat YouTube. Acara ini diikuti sekitar 10.000 peserta dan disaksikan sekitar 51.000 orang. 

Festival ini terdiri atas SangSang story, sesi berbagi pengalaman tentang dunia kerja dan kewirausahaan dari mahasiswa dan lulusan SangSang Univ; SangSang Concert, penampilan dari sejumlah penyanyi ternama di antaranya Rizky Febian.

Menurut sejumlah peserta SangSang Univ Classes yang mengikuti kelas-kelas dengan beragam topik, seperti menari, berlatih vokal, tata rias, dan barista, kelas-kelas ini sangat bermanfaat dan membantu mereka memperoleh pekerjaan serta merintis bisnis.

Mereka pun mengungkapkan apresiasinya kepada SangSang Univ lewat sebuah video. 

Franco Bugar, CEO Kedai Si Tama, merintis usaha setelah mengikuti kelas barista yang dilaksanakan KT&G SangSang.

Franco mengatalan,“Ketika bercita-cita menjadi seorang barista dan mencari informasi terkait, saya menemukan KT&G SangSang Univ."

"Saya memiliki kepercayaan diri setelah mempelajari keahlian tersebut dari instruktur profesional secara gratis. Pengalaman belajar ini sangat bermanfaat saat saya merintis gerai kopi,” kata Franco dalam keterangan pers, Rabu (1/12). 

Di sisi lain, Fajar Gemilang Candra Putra, CEO Meogda, yang merintis bisnis makanan Korea lewat jasa pesan-antar telah mengikuti kelas memasak K-food.

Fajar mengatakan,“Ketika ingin mengikuti kelas memasak K-food, hanya sedikit peluang yang tersedia, dan biayanya tergolong mahal. Pengalaman belajar ini sangat menarik, dan saya dapat belajar secara gratis dari para ahli yang mengelola restoran Korea, bahkan mewujudkan impian saya.” 

KT&G SangSang Univ adalah salah satu kontribusi sosial andalan KT&G yang membantu perkembangan generasi muda. Hal ini dilakukan KT&G dengan menyediakan peluang belajar gratis untuk menguasai keahlian dan menjajaki karier dalam bidang seni dan kebudayaan.

Program tersebut diluncurkan di Korea pada 2010 dan telah disambut secara hangat. Pada 2015, program ini hadir di Indonesia, negara asing pertama yang menjadi lokasi program KT&G SangSang Univ. 

Sejak digagas di Indonesia, sekitar 52 ribu generasi muda telah berpartisipasi dalam SangSang Univ Class.

Berbagai kelas tentang kebudayaan dan seni, seperti menari, berlatih vokal dan seni, serta kelas-kelas yang terkait dengan dunia kerja, seperti kursus bahasa asing, penyuntingan video, dan pengembangan karier, memenuhi beragam minat generasi muda. 

Seorang pejabat KT&G berkata, “Kami akan membantu generasi muda yang kelak memimpin masa depan Indonesia. Mereka dapat berkembang dan merencanakan cita-cita dan jalur kariernya."

"Sebagai perusahaan global yang beroperasi di Indonesia, perusahaan kami akan selalu memenuhi tanggung jawab sosial, dan membuat beragam kontribusi sosial,” jelasnya.

KT&G adalah perusahaan rokok terbesar kelima di dunia dalam hal pangsa pasar dan volume penjualan.

KT&G juga merupakan konglomerasi yang tidak hanya bergerak di bisnis tembakau, namun memiliki portofolio bisnis yang mencakup makanan sehat, real estate, serta biofarmasi dan kosmetik.

KT&G ingin menjadi perusahaan rokok terbesar keempat di dunia. Untuk itu, KT&G akan memperluas jangkauan ekspornya ke sekitar 200 negara pada 2025. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT