20 November 2021, 09:45 WIB

Surya Paloh Hadiri Penghijauan Kepulauan Seribu


Cahya Mulyana | Humaniora

MI/ Putra Ananda
 MI/ Putra Ananda
NASDEM BERBAGI: Gerakan penghijauan dan bantuan paket sembako yang dibagikan Partai NasDem di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu.

DPP Partai NasDem melalui Bidang Lingkungan Hidupnya turut andil dan berkontribusi dalam upaya pelestarian alam dengan  melaksanakan serangkaian aksi peduli lingkungan di kawasan Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Sabtu (20/11). Dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh dijadwalkan hadir.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Partai NasDem, Lusyani Suwandi mengatakan sebagai bentuk kepedulian dengan lingkungan Partai NasDem akan berkontribusi dalam berbagai hal yang berkenaan dengan keberlangsungan ekosistem alam serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian alam.

Dalam acara yang juga akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat itu akan diawali dengan kegiatan pengumpulan sampah bersama masyarakat Pulau Kelapa serta Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

“Tadi kita bersama tim penyuluh LHK sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengolah sampah dan memisahkan mana sampah organik dan non organik. Kita juga akan kedatangan 50 orang tim bank sampah, jadi nanti sampah-sampah tersebut akan dibeli oleh bank sampah. Kita mau sosialisasikan bahwa sampah itu ada harganya,” kata Lusy dalam keterangannya, Sabtu (20/11).

Tak berhenti sampai di situ, selain menggelar aksi pengumpulan sampah Partai NasDem juga akan menyerahkan 10.000 paket bantuan sembako kepada masyarakat yang akan dibagikan secara simbolis. Nantinya 10.000 paket sembako tersebut akan didistribusikan ke masyarakat yang ada di 11 pulau di sekitar Pulau Kelapa dan Pulau Kotok kawasan Kepulauan Seribu.

Selain kegiatan di Pulau Kelapa, Partai NasDem juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan aksi peduli lingkungan di kawasan Pulau Kotok. Pada hari yang sama NasDem akan mengawali kegiatan di Pulau Kotok dengan menanam karang sebanyak delapan media.

Lusy menambahkan NasDem juga akan melakukan penanaman Lamun sebanyak empat frame, Lamun merupakan tumbuhan berbunga yang dapat tumbuh dengan baik dalam lingkungan laut dangkal. Selain itu NasDem akan melanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman 1000 batang mangrove.

Masih kata Lusy Partai NasDem bersama Kementerian LHK juga akan mengenalkan program rehabilitasi Elang dan pelepasliaran empat ekor elang bondol dan pelepasliaran 200 tukik. Lusy menjelaskan pelepasliaran tukik dipilih NasDem sebagai upaya merawat ekosistem di laut terjaga secara alami.

“Setelah itu kita akan jalan kelilingi pulau mencari tempat terbaik untuk melakukan pelepasan penyu. Sepanjang jalan mungkin teman-teman dari Taman Nasional juga akan menjelaskan tentang konservasi mangrove dan kita akan melepaskan 200 ekor tukik atau anak penyu,” pungkas Lusy. (H-1)

BERITA TERKAIT