13 November 2021, 18:26 WIB

Peraih Emas KSN 2021 Michiko Shen Cinta Pelajaran IPA


Ade Alawi | Humaniora

DOK SMP Sukma Bangsa.
 DOK SMP Sukma Bangsa.
Michiko Shen.

SISWA SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe Raih Medali Emas Pada KSN Tahun 2021, Michiko Shen, meraih medali emas pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2021. Michiko, begitu ia akrab disapa, merupakan siswa kelas VIII yang sangat gemar dengan pelajaran IPA. 

Berdasarkan kecintaannya tersebut, Michiko didaftarkan oleh pihak sekolah sebagai salah satu peserta pada ajang KSN yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI pada Juni lalu. Kepala SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe, Siti Hajar, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih siswa tersebut. Menurutnya, potensi yang dimiliki Michiko sudah terlihat sejak awal hingga kemudian sekolah berupaya mengasah kemampuannya. 

Selain itu, pihak sekolah memberikan motivasi dan fasilitas pendampingan. Yang telah diraih Michiko, kata Siti Hajar, tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara pihak sekolah, guru, dan orangtua dalam  memfasilitasi perkembangan siswa. "Semoga dengan prestasi ini dapat memotivasi siswa-siswa lain untuk terus maju dan berkembang," harapnya, Sabtu (13/11).

Setelah mengikuti berbagai proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi, Michiko kemudian dinyatakan melaju ke tingkat nasional sebagai salah satu perwakilan Provinsi Aceh dalam KSN bidang IPA. Seleksi KSN tingkat kabupaten/kota diikuti oleh sembilan siswa perwakilan SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe dengan rincian tiga peserta untuk masing-masing cabang lomba, yaitu matematika, IPA, dan IPS. Dalam seleksi tersebut, hanya Michiko satu-satunya peserta yang lolos ke tahap provinsi dan berkompetisi bersama siswa-siswa lainnya di Aceh. 

Kemudian pada Oktober lalu dilaksanakan seleksi tingkat provinsi yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota di Aceh. Hasilnya Michiko dinyatakan lolos ke tingkat nasional sebagai perwakilan Aceh dan akan berkompetisi bersama siswa-siswa lain di Indonesia.

Rangkaian kegiatan KSN tingkat nasional dilaksanakan pada 7 hingga 12 November lalu. Rinciannya, pelaksanaan pembukaan KSN pada 7 November, pelaksanaan seleksi KSN pada 8 dan 9 November, dan pengumuman hasil seleksi KSN pada 12 November. 

Setelah proses panjang yang dilaluinya, Michiko dinobatkan sebagai salah satu peserta yang meraih medali emas dalam ajang bergengsi tingkat nasional tersebut. Michiko sebagai satu-satunya perwakilan Provinsi Aceh yang meraih medali emas dalam ketegori bidang IPA. 

Baca juga: Siswa Sukma Bangsa Aceh Raih Emas KSN Tingkat Nasional 2021

Sebagai informasi, KSN tahun ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Puspresnas dan difasilitasi oleh pihak sekolah dengan tetap dalam pengawasan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe terus berupaya memfasilitasi siswa untuk dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya, termasuk untuk ikut serta dalam berbagai ajang yang dapat mengukur kemampuan siswa. "Kegiatan yang dapat memacu siswa untuk terus berprestasi akan terus digalakkan," ujar  Azwar Anas selaku pendamping dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. (RO/OL-14)  

BERITA TERKAIT