09 November 2021, 12:15 WIB

Ingin Bisnis Reseller Baju Tanpa Modal? Ini Caranya


Abdullah Aziz Rajudin | Humaniora

MI/Tosiani
 MI/Tosiani
Ilustrasi--Salah satu toko pakaian bekas di Temanggung, Jawa Tengah.

TOKO daring atau yang sering disebut online shop, adalah toko yang menjual produk secara daring. Uniknya, operator toko daring tidak serta merta memiliki produk sendiri. Mereka bisa menjual produk dari orang lain. Ini dikenal sebagai pengecer. Usaha ini berjalan tanpa modal. Jika Anda senang dengan aktivitas berjualan, toko daring adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menjadi reseller toko pakaian. 

Reseller adalah menjual kembali sebuah barang dari supplier tanpa adanya stok barang dengan komisi yang telah ditentukan atau ditetapkan oleh supplier. 

Baca juga: Menuju Digitalisasi UMKM Wisata Pantai

Biasanya, reseller baru akan membeli stok barang apabila ada pesanan yang datang. Dalam beberapa kasus, reseller juga terkadang menyetok barang, namun biasanya dengan jumlah yang relatif terbatas . 

Salah satu keuntungan menjadi reseller, selain bisa memulai bisnis tanpa modal, ialah dapat memperoleh keuntungan yang lebih tinggi karena biasanya reseller akan mendapatkan potongan harga yang lebih besar dibandingkan dengan dropshipper. Wajar karena reseller dituntut membeli barang sesuai yang disepakati supplier.

Untuk menjadi reseller baju, umumnya kalian akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk keperluan stok barang. Belum lagi biasanya supplier pakaian akan memberikan minimum order yang cukup tinggi agar kalian bisa mendapatkan harga reseller. Tetapi nyatanya, dengan beberapa strategi, kalian bisa menjadi reseller baju tanpa modal, bahkan menemukan suppliernya langsung dari tangan pertama. 

1. Cari supplier offline 

Untuk menjadi reseller pakaian tanpa modal, kalian harus mencari pemasok terlebih dahulu. Offline dan online sebenarnya sama baiknya. Namun, inilah cara kalian dapat menggunakan supplier offline, sebagai reseller untuk membangun hubungan yang baik dengan pemilik produk. 

Pertama, ambil beberapa barang dan coba jual dengan selisih harga yang tidak terlalu tinggi untuk segera dijual. Ulangi langkah itu berulang kali untuk mendapatkan kepercayaan dari pemilik produk. 

Setelah kalian memiliki hubungan kepercayaan antara pemilik produk dan Anda sebagai reseller, Anda dapat menggunakan berbagai strategi lain di masa depan untuk menjadi reseller baju tanpa modal.

2. Membangun Toko Online Gratis

Langkah selanjutnya cara jadi reseller baju online tanpa modal adalah membangun toko online. Selain untuk membangun kepercayaan konsumen, toko online juga penting untuk memperluas jangkauan pasar yang ingin Anda jangkau.

Cara jualan online seperti ini bisa Anda jalankan dengan mudah. Apalagi saat ini ada banyak platform online shop yang bisa Anda gunakan, baik yang berbayar maupun yang gratis.

3. Gunakan Sosial Media

Cara jadi reseller baju online tanpa modal yang tidak kalah petingnya adalah memanfaatkan berbagai media sosial yang ada. Khususnya Facebook dan Instagram. Selain yang terbesar, kedua jenis media sosial ini juga tersedia pada smartphone. 

Setiap pemilik ponsel pasti memiliki minimal sebuah akun FB atau IG. Dengan besarnya jumlah pengguna medsos tentunya potensial untuk memasarkan produk jualan anda. Semakin banyak platform yang Anda jalankan, akan semakin besar potensi lakunya. (OL-1)

BERITA TERKAIT