02 November 2021, 12:00 WIB

Terobosan Edumaster Bantu Balita Asal Papua Belajar Calistung


Budi Ernanto | Humaniora

DOK IST
 DOK IST
Webinar Edumaster.

DI Papua Barat, saat ini Evelyn, anak berusia balita asal Manokwari, berhasil belajar baca-tulis-hitung (calistung) lebih cepat dibandingkan teman-teman sebayanya.

“Anak saya sudah mulai les calistung dengan tentor Miss Dinda, beliau sangat berpengalaman,” ungkap Mom Meidy, ibu Evelyn, yang merupakan salah satu anggota lembaga pendamping belajar privat, Edumaster.

“Sehingga, saya melihat perkembangan Evelyn saat ini sangat bagus. Dia bisa belajar sambil bermain juga,” imbuhnya bangga dalam keterangan resmi Edumaster, Selasa (2/11).

Edumaster yang mempunyai alamat situs pada edumasterprivat.com, merupakan pendamping belajar akademik, bahasa, hobi, dan tugas pekerjaan, dengan metode privat. Misi Edumaster menjadi sahabat belajar dan menumbuhkan minat belajar bagi siswa/i berbagai jenjang, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan umum dalam menghadapi tugas akademik, ujian, dan lainnya.

Selain itu, Edumaster juga fokus pada peningkatan motivasi belajar serta pengembangan karakter peserta didik. Edumaster meyakini, pendekatan individual merupakan cara terbaik untuk menumbuhkan minat dan mempercepat progres belajar.

Dengan inovasi pendampingan belajar yang dicetuskan Edumaster, adanya pandemi Covid-19 yang tak memungkinkan belajar tatap muka tak menjadi rintangan berarti. Begitu pun jarak yang terbentang jauh antara Jakarta dan Manokwari.

Melalui pola pendampingan secara daring, Edumaster membuat terobosan modul ajar. Modul ajar Edumaster ini mengakomodasi ragam cara belajar anak, mulai dari visual hingga kinestetik/melalui gerakan.

Baca juga:  Dukung Pendidikan Berkualitas, Astra Serahkan Hibah Gedung Science & Techno Park ITB

“Modul yang digunakan Edumaster tidak hanya berbentuk teks atau visual, melainkan juga terdapat bagian-bagian di mana anak-anak bisa menempelkannya ke modul. Ini dapat sekaligus melatih kemampuan motorik anak,” tutur Muhammad Jazmi, Co-founder Edumaster.

“Ketika anak belajar secara online, mereka mempunyai modul itu dan guru Edumaster akan membimbing mereka,” ujar Muhammad Jazmi.

Di samping itu, setiap anak mendapatkan pendampingan belajar secara individual bersama seorang guru. Sebab, Edumaster yang mempunyai akun IG @edumaster.id meyakini bahwa pendampingan belajar online secara individual adalah cara terbaik untuk perkembangan anak.

Dengan pendampingan seperti ini, anak bisa betah belajar karena pembelajaran diselingi pula dengan permainan-permainan edukatif. Anak-anak pun tetap bisa belajar sesuai dengan karakteristik mereka sendiri.

Direktur Utama Edumaster, Stefany Aryani, menjelaskan bahwa metode belajar yang dipakai oleh Edumaster berpusat pada anak. Metode belajar Montessori yang kini banyak diimplementasikan di PAUD juga menjadi salah satu andalan Edumaster.

Hal ini tidak menyulitkan, karena guru-guru Edumaster sudah berpengalaman, terlebih dalam mengenalkan calistung kepada anak yang baru belajar. Mayoritas guru Edumaster merupakan sarjana pendidikan khusus anak usia dini (PAUD) serta guru-guru taman kanak-kanak (TK).

“Sehingga, pengalaman dari guru-guru kami kemudian juga didukung oleh kurikulum yang diterapkan untuk mengajar, seperti kurikulum untuk PAUD ataupun metode belajar Montessori,” tutur Stefany.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, terhitung sudah lebih dari 3.000 orangtua memercayakan konsultasi pendidikan anaknya kepada Edumaster. Mereka adalah orangtua siswa dan siswi usia dini/PAUD hingga level SMA.

Hingga saat ini, Edumaster telah mendampingi lebih dari 600 siswa dan siswi di seluruh Indonesia, dengan jumlah siswa-siswi yang belajar calistung jarak jauh mencapai lebih dari 30 anak di semua penjuru negeri. (R-3)

BERITA TERKAIT