02 November 2021, 17:58 WIB

NusaStroke Hadirkan Wisata Medis di Tanah Air


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Istimewa
 Dok. Istimewa
Direktur Utama NusaStroke Astri Abyanti 

NusaStroke sebagai layanan jasa wisata medis untuk penanganan stroke di Indonesia telah diluncurkan. Wisata medis merupakan istilah bagi orang yang ingin mengecek kesehatannya sekaligus menikmati perjalanan dengan agenda berwisata dari mulai berbelanja hingga kegiatan kultural. 

"Wisata medis di Indonesia belum pernah digiatkan selama ini padahal potensinya sangat besar," kata Direktur Utama NusaStroke Astri Abyanti dalam webinar HealthTalk pada Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Menkes Cari Alternatif Vaksinasi Anak Usia 6 Tahun

Astri menambahkan, pihaknya siap melayani masyarakat Indonesia dengan layanan skrining stroke hingga layanan diagnostik angiografi serebral sesuai indikasi medis.

"Kami sangat berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengecekan berkala sebelum terkena penyakit stroke dengan memberikan jasa berbentuk paket-paket layanan kesehatan," imbuhnya.

Menurut dia, paket-paket yang disediakan NusaStroke telah dilengkapi dengan akomodasi dan transportasi serta agenda jalan-jalan seperti halnya yang didapatkan pada saat berwisata medis ke luar negeri.

"Saat ini, layanan NusaStroke terdapat di Jakarta dan Surabaya dengan mitra rumah sakit yang telah memiliki penanganan stroke lengkap dan sangat baik seperti RS St Carolus Jakarta dan New Brain Clinic Surabaya," ujar dia.

Ia menambahkan, pengecekan stroke mulai dari deteksi dini hingga diagnosis berkelanjutan dapat terus berjalan tanpa perlu ke luar negeri untuk menikmati fasilitas kesehatan terbaik yang berbalut wisata.

"Potensi (wisata medis) sangat besar melihat layanan kesehatan di Indonesia pun tidak kalah dengan yang terdapat di luar negeri terutama yang berhubungan dengan penanganan stroke,” kata Astri. 

Layanan skrining stroke selama 3 hari 2 malam dan layanan diagnostik angiografi serebral (sesuai indikasi medis) selama 4 hari 3 malam. Mereka yang berminat mendapatkan layanan tersebut dapat langsung mengunjungi situs www.nusastroke.com

Sebagai informasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, jumlah anggaran yang dikeluarkan oleh masyarakat Indonesia untuk berwisata medis ke luar negeri mencapai Rp100 triliun. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT