29 October 2021, 15:29 WIB

Presiden: Pemerintah Jamin Kemerdekaan Pers


Andhika prasetyo | Humaniora

Biro Pers Sekretariat Presiden/ Rustam
 Biro Pers Sekretariat Presiden/ Rustam
Presiden Joko Widodo

PEMERINTAH akan selalu memegang teguh komitmen kemerdekaan pers dan memastikan insan media bisa secara bebas menyuarakan kepentingan publik.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Kongres ke-6 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia secara virtual, Jumat (29/10).

Ia menyadari, dalam beberapa waktu terakhir, begitu banyak sorotan yang ditujukan kepada kebijakan-kebijakan pemerintah. Kritik dari berbagai kalangan datang silih berganti.

Jokowi pun menekankan bahwa pemerintah sama sekali tidak anti terhadap saran dan masukan dari masyarakat.

Baca juga: Sinergi Polri dan Masyarakat Kurangi Dampak Negatif Penggunaan Internet

"Kritik yang membangun itu sangat penting dan pemerintah akan menjawab dengan pemenuhan tanggung jawab agar membuahkan hasil yg diharapkan untuk kepentingan rakyat," ujar Jokowi.

Kepala negara memandang peran pers di era modern ini sangat krusial, terutama di tengah pandemi covid-19.

Jurnalis telah membantu pemerintah menyampaikan informasi yang akurat.

Di masa pagebluk, masyarakat dibanjiri oleh berbagai berita terkait kesehatan. Senua itu datang dengan cepat dan dampak yang ditimbulkan tidak kalah dahsyat dibandingkan pandemi itu sendiri.

"Di tengah banjirnya informasi, peran para jurnalis semakin penting. Mereka menjadi suluh dalam kegelapan, menjaga situasi tetap jernih, membangkitkan optimisme dan harapan di masyarakat," tuturnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT