29 October 2021, 06:31 WIB

Prananda Sebut Sumpah Pemuda Ajang Generasi Muda Bederma


Cahya Mulyana | Humaniora

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA
Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh.

UNTUK memperingati Hari Sumpah Pemuda, DPP Garda Pemuda NasDem menginstruksikan kepada seluruh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) yang ada di seluruh penjuru Indonesia untuk menggelar PSP Berderma II atau Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Plasma Jilid II. 

Agenda itu merupakan kelanjutan kegiatan kemanusiaan PSP Berderma I yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Kegiatan PSP Berderma itu bertujuan membantu PMI dan masyarakat Indonesia, khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma, yang sejak pandemi covid-19 melanda, terjadi penurunan jumlah pendonor darah yang signifikan, sedangkan kebutuhan donor darah tetap tinggi.

Baca juga: Sumpah Pemuda Momentum Kaum Muda Perkuat Kontribusi Untuk Bangsa

Demikian juga dengan ketersediaan donor plasma konvalesen yang hanya sekitar 1% dari kebutuhan dan menurut PMI, hingga saat ini, ketika penderita covid-19 di Indonesia sudah menurun, permintaan akan plasma konvalesen pun masih ada, yang berarti bahwa kebutuhan donor plasma masih ada di Indonesia.

"Kami berharap momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi ajang untuk generasi muda dalam mengaktualisasikan dirinya, memberikan kontribusi nyata di bidang kemanusiaan untuk bangsa dan masyarakat Indonesia yang masih berjuang untuk keluar dari pandemi covid-19 ini,” ujar Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, dalam keterangan resmi, Jumat (29/10).

Ia mengatakan masing-masing DPW GP NasDem di setiap daerah mempunyai cara mereka sendiri untuk mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat untuk ikut melakukan donor di kegiatan PSP Berderma II ini.

Cara-cara tersebut di antaranya seperti, melibatkan generasi milenial dan Gen-Z untuk terlibat di kegiatan PSP Berderma II, mengajak kerjasama kelurahan-kelurahan setempat untuk melakukan kegiatan donor darah di kelurahan mereka dengan tujuan dapat memudahkan masyarakat untuk berdonor.

Selain itu, lanjut Prananda, terjalin pula kerja sama dengan organisasi-organisasi kepemudaan setempat dan komunitas-komunitas untuk ikut berdonor, menyiapkan paket sembako dan berbagai hadiah doorprize menarik untuk para pendonor.

Pria yang juga Anggota Komisi I DPR RI ini berharap gerakan ini tidak hanya untuk generasi muda Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia seluas-luasnya. 

“Generasi muda adalah generasi penerus bangsa di mana masa depan Indonesia ada ditangan mereka, untuk itu sudah selayaknya menjadikan momen Sumpah Pemuda ini spesial dengan menyukseskan PSP Berderma II di Indonesia,” lanjutnya.

PSP Berderma II ini diselenggarakan di 30 Provinsi di Indonesia mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat hingga Papua Barat.

Sebelumnya, pencapaian dari kegiatan PSP Berderma I berhasil mengumpulkan sekitar 2.451 kantong darah merah dan sekitar 237 kantong Plasma Konvalesen dari 30 DPW yang tersebar di penjuru Indonesia.

Koordinator Nasional PSP Berderma, Duwi Pratiwi, menyebutkan bahwa pada PSP Berderma II ini, GP NasDem bisa lebih melibatkan banyak masyarakat dan pemuda -pemudi Indonesia untuk berpartisipasi bersama menjadi pahlawan bangsa dengan ikut serta berdonor darah atau plasma konvalesen.

“Dengan makin banyak peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan kemanusiaan ini, maka makin luas pula manfaat yang dapat diterima oleh mereka saudara-saudara kita yang membutuhkan donor darah dan plasma konvalesen ini,” jelas Duwi. (OL-1)

BERITA TERKAIT