18 October 2021, 22:34 WIB

Bertemu Wakil Presiden Uni Eropa, Presiden Sampaikan Komitmen Atasi Perubahan Iklim


Andhika Prasetyo | Humaniora

Dok. Biro Pers Sekretarian Presiden
 Dok. Biro Pers Sekretarian Presiden
Presiden Joko Widodo bertemu Wakil Presiden Uni Eropa Frans Timmerman

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang sangat kuat untuk membantu dunia menangani persoalan perubahan iklim. 

Penegasan tersebut dia sampaikan saat menerima Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa untuk Kebijakan Hijau Eropa dan Iklim Frans Timmermans di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/10). 

“Sebagai salah satu pemilik hutan dan ekosistem mangrove terbesar, Indonesia menyadari posisi strategisnya,” ucap Presiden Jokowi yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan. 

Kepala negara, sambung Retno, juga menekankan bahwa isu perubahan iklim dan lingkungan hidup tidak dapat dilepaskan dari isu Sustainable Development Goals. Artinya, perlu ada keseimbangan antara menjaga alam dan melakukan pembangunan. 

Baca juga : Akhir Tahun, 80% Warga RI Ditargetkan Sudah Divaksin Covid-19 

“Keseimbangan ini yang diperlukan dan keseimbangan ini hanya akan tercapai jika kita bekerja sama,” tuturnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan langkah-langkah konkret yang telah dicapai Indonesia dalam upaya menangani perubahan iklim. 

“Angka kebakaran hutan semakin kecil, deforestasi hutan mencapai tingkat terendah, dan rehabilitasi mangrove yang mencapai 600 ribu hektare. Indonesia tidak ingin terjebak dalam retorika. Kami memilih untuk bekerja memenuhi pengurangan emisi sebagaimana komitmen di dalam Paris Agreement," tandas Retno. (OL-7)

BERITA TERKAIT