17 October 2021, 09:49 WIB

Wapres Sebut Pembentukan BLK untuk Percepatan Pembangunan Papua


Emir Chairullah | Humaniora

Dok: Setwapres
 Dok: Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin ketika berbelanja alpukat di Papua

PEMERINTAH terus berupaya dalam mempercepat pembangunan di wilayah Papua melalui pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, BLK tersebut merupakan salah satu komitmen pemerintah yang diamanatkan Inpres No.9/2020 dan Keppres No.20/2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. 

“Saya memandang hal ini merupakan wujud konkret sinergi antara pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di Tanah Papua,” ujar Wapres Ma’ruf Amin pada acara Kick Off Pembangunan BLK Komunitas dalam rangka Pengembangan SDM Kompeten di Papua dan Papua Barat, yang diselenggarakan di Kampus Papua Alom Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII), Sentani, Jayapura, Sabtu (16/10).

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Ketua FKUB Papua Lipiyus Biniluk, serta para perwakilan tokoh agama dan tokoh adat. Turut mendampingi Wapres pada acara tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Lebih lanjut, Ma’ruf menjelaskan sebenarnya Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki banyak talenta unggul dari berbagai bidang yang berpotensi untuk memajukan Papua. Sayangnya, ujar Ma’ruf, potensi tersebut masih belum digali dan dikembangkan sehingga diperlukan wadah bagi masyarakat untuk mengasah kemampuannya.

“Inilah yang menjadi tugas kita untuk mengembangkan SDM unggul di Papua dengan talenta yang sangat baik di berbagai bidang,” ujarnya.

Baca juga: Kemiskinan Ekstrem di 5 Wilayah Prioritas Papua Diharapkan Tuntas 2021

Menurut Ma’ruf, masih tingginya angka pengangguran di Papua akibat belum siapnya SDM menghadapi perkembangan teknologi untuk bersaing di era global.

“Masih relatif tingginya angka pengangguran disebabkan oleh ketidaksiapan SDM dalam menghadapi disrupsi perkembangan teknologi. Faktor kualitas SDM menjadi kunci untuk memenangkan persaingan global, yang apabila didukung oleh tenaga kerja yang berkualitas dan terampil,” tutur Ma’ruf.

Ma’ruf optimistis kehadiran BLK Komunitas mampu meningkatkan kualitas SDM dan menjadi fondasi yang kuat dalam rangka permberdayaan masyarakat Papua.

“BLK Komunitas menjadi salah satu tonggak penting, fondasi bagi masa depan Papua dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas SDM di tanah Papua yang hebat ini,” jelasnya.

Wapres berharap melalui BLK Komunitas ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses lembaga pelatihan kerja sehingga dapat meningkatkan jumlah individu yang berkualitas.

“Saya berharap pembangunan BLK Komunitas dapt diperluas, sehingga semakin banyak penduduk angkatan kerja yang mendapatkan kemudahan dalam mengakses lembaga pelatihan kerja,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan pemerintah bertekad membangun segala sudut yang belum terjangkau, salah satunya melalui pembangunan BLK, sehingga adanya BLK ini menjadi wadah bekerja dan meningkatkan kemampuan diri.

“Kemenaker bertujuan mendekatkan dan mempermudah akses pelatihan masyarakat. Pembangunan BLK ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat Papua, khususnya di bidang keperawatan untuk selanjutnya dapat memperoleh pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri,” ucap Ida.(OL-5)

BERITA TERKAIT