13 October 2021, 10:04 WIB

Sandiaga Uno: Tingkatkan Ekonomi Perdesaan untuk Indonesia Bangkit


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, desa wisata bukan hanya untuk kegiatan desa tetapi juga dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat. Desa Wisata memang bisa meningkatkan penghasilan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki sejumlah kegiatan dan fasilitas salah satunya terdapat tempat perkemahan yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

“Jadi manfaatkan sebaik mungkin buat kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi masyarakat,” tegas Manparekraf pada ketarangan kepada media, Rabu (13/10). 

Selain itu, untuk anak-anak di Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, yang sudah membentuk komunitas belajar.

Untuk mendukung kegiatan komunitas belajar anak-anak, Sandi menghadiahkan laptop agar mereka bisa belajar di rumah ketika pembelajaran jarak jauh. "Pemberian laptop ini diharapkan bisa mendukung kebangkitan Indonesia bangkit," katanya. 

Sebelumnya, para pelajar tersebut mengunakan laptop pinjaman untuk kegiatan belajar di desa tersebut. “Semoga ini bermanfaat, dan bisa membantu untuk pembelajaran jarak jauh,” kata Sandiaga saat menyerahkan laptop.

Menurut Sandiaga, pembelajaran jarak jauh di rumah dilakukan karena jaringan internet di Desa Wisata Tinalah cukup bagus sehingga mendukung kegiatan belajar mengajar. 

Selanjutnya masih di area yang sama, Mas Menteri juga mencoba satu aplikasi Ai yaitu aplikasi yang bisa “Baca Aura” yang diciptakan oleh Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata.

Ai ini dapat membaca aura orang dengan cara melakukan selfie, dan hasilnya dikorelasikan dengan sifat-sifat tanaman yang ada di Desa Wisata Tinalah. “Ini cukup menarik, dan hasilnya memang menarik banget,” tukas Sandiaga.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT