09 October 2021, 08:10 WIB

Keutamaan Membaca Alquran


Febby Saraswati | Humaniora

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Membaca Alquran

ALQURAN merupakan kitab suci utama dalam agama Islam. Kitab ini adalah mukzizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Isi dari Alquran merupakan sebuah petunjuk, sejarah islam, sahabat nabi, hingga petunjuk-petunjuk tentang kebaikan. Alquran digunakan bersama dengan hadis untuk menentukan hukum syari'ah.

Keutamaan membaca Alquran bahkan disebutkan secara detail, salah satunya melalui hadist riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud yang menyatakan, setiap satu huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan. 

‘Abdullah ibn Mas‘ud berkata:

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Berikut keutamaan dari membaca Alquran;

1. Menyembuhkan Penyakit Hati

Ibnul Qayyim dalam kitabnya, Zad al-Ma’ad, menjelaskan, Alquran ialah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani. Demikian pula penyakit dunia dan akhirat. Tidak setiap orang diberi keahlian dan taufik untuk menjadikannya sebagai obat.

Allah berfirman, Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus [10]: 57). 

2. Pahala yang Berlimpah 

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari".

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, saat kita membaca 1 huruf hijaiyah maka kita mendapatkan 1 pahala. Bagaimana jika kita rutin dalam memba Alquran?

3. Memberi Syafaat di Akhirat

Dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Alquran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Alquran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia.(OL-5)

BERITA TERKAIT