30 September 2021, 10:50 WIB

Kedatangan Sandiaga Uno Disambut Antusias Warga Desa Wisata Rigis Jaya


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Menparekraf Sandiaga Uno disambut dengan upacara adat yang cukup meriah saat tiba di Desa Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat.

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjadi menteri pertama yang datang ke Desa Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat yang terletak sangat jauh dari pusat kota.

Kunjungan Menparekraf ke Desa Rigis Jaya merupakan bagian dari lawatan ke desa yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Lokasi Desa Rigis Jaya yang memang cukup jauh dengan jalan yang berkelok-kelok ini. Bahkan dalam perjalanan memuju Desa Rigis Jaya, ada banner yang bertuliskan ‘Sabar Mas Menteri, Sebentar Lagi Sampai’.

Saat mendapati banner seperti itu, Sandiaga yang berada dalam mobil yang mengantarkannya ke Desa Rigis Jaya, cukup tersenyum.

Desa Wisata Rigis Jaya sendiri terletak di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dengan jarak dan waktu tempuh dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II sejauh 183 km atau sekitar 3.5–4 jam.

Lokasi yang memang jauh ini kemungkinan yang menyebabkan desa ini jarang mendapat kunjungan baik dari pejabat daerah apalagi pejabat negara sekelas menteri.

Maka dari itu ketika mendengar Mas Menteri, sapaan akrab Sandiaga Uno, akan berkunjung, warga desa langsung antusias dan mempersiapkan desa nya untuk tampil baik. 

Dengan kondisi desa yang sebagian besar warganya adalah petani kopi dan rumah-rumah penduduk yang tersebar jauh hingga di area gunung.

Saat melihat kedatangan seorang menteri, masyarakat setempat antusias untuk melihat dari dekat kedatangan Menparekraf Sandiaga.

Bahkan sejumlah warga yang berada di pegunungan pun rela untuk turun untuk menyambut kedatangan Sandiaga. Tak pelak lagi, masyarakat Desa Rigis Jaya langsung mengeluk-elukan kedatangan seorang menteri seperti kadatangan seorang raja.  

Masyarakat setempat mengaku salut dengan Sandiaga yang menjabat menteri mau menempuh perjalanan ratusan kilometer dan cukup melelahkan untuk mengunjungi Desa Rigis Jaya. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT